Kompas.com - 21/01/2020, 07:00 WIB
Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Presiden Ukraina Petro Poroschenko di Kompleks Istana Kepresidenan,  Jakarta,  Jumat (5/8/2016). Jokowi ditemani anak anak SD berbaju adat dalam penyambutan ini. IhsanuddinPresiden Joko Widodo menyambut kedatangan Presiden Ukraina Petro Poroschenko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/8/2016). Jokowi ditemani anak anak SD berbaju adat dalam penyambutan ini.

KOMPAS.com - Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentuk dari keberagaman dalam semua aspek kehidupan. Meliputi jenis kelamin, wilayah, suku bangsa, agama, ras dan golongan.

Sebenarnya apa arti keberagaman dan apa faktor penyebab keberagaman di Indonesia?

Pengertian keberagaman

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang.

Perbedaan dapat terlihat dari suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya dan ekonomi dan lainnya.

Baca juga: Daftar Suku di Indonesia

Contohnya, di Indonesia terdapat bermacam suku seperti Jawa, Sunda, Batak, Minang, Badui, Sasak, Dayak, Asmat dan lainnya.

Dilihat dari agama, di Indonesia terdapat agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu. Selain itu terdapat banyak aliran kepercayaan.

Keberagaman adalah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.

Keberagaman tersebut merupakan kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia. Adanya keberagaman di Indonesia menjadi modal persatuan dan kesatuan bangsa.

Faktor penyebab keberagaman Indonesia

Keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari dalam maupun luar masyarakat.

Secama umum, keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi faktor alam, masyarakat dan individu.

Baca juga: Mengenal Suku Bangsa di Indonesia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X