Kompas.com - 21/12/2019, 12:00 WIB
Pertolongan Pertama Jika Digigit Ular KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoPertolongan Pertama Jika Digigit Ular

KOMPAS.com - Fenomena munculnya ular kobra yang berbisa di sejumlah daerah di Indonesia saat memasuki musim penghujan pada akhir 2019 ini menggemparkan masyarakat.

Menanggapi fenomena tersebut, Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat, mengaku telah menjadwalkan edukasi tentang ular dan penanganannya ke sejumlah komunitas bahkan perusahaan di Indonesia.

Edukasi selama bulan Desember tersebut dilakukan tidak hanya di wilayah Jabodetabek tetapi juga merambah kota lain seperti Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Sidoarjo, Solo dan Klaten.

Yayasan Sioux Ular Indonesia sudah beraktivitas sejak 2003 sehingga telah siap dengan modul soal kesadaran tentang ular dan melakukan pelatihan bernama Snake Handling Training.

"Melalui snake awareness kami mengajak masyarakat peduli, mengenal karakter ular, waspada atau siaga dan tidak panik saat ketemu ular," ujar Aji saat dihubungi pada Kompas.com, Jumat (20/12/2019).

Baca juga: Hendak Shalat, Warga Temukan 31 Anak Ular Kobra Sembunyi di Lipatan Karpet Masjid

Sebagai lembaga swadaya masyarakat non-profit yang berkecimpung di dalam dunia konservasi ular, Yayasan Sioux Ular Indonesia tidak hanya mengajak masyarakat mengenal seluk beluk ular tapi juga berbagi pengetahuan terkait manajemen penanganan gigitan ular.

Berikut ini beberapa tips penanganan gigitan ular dari Yayasan Sioux Ular Indonesia:

Tetap tenang dan jangan panik

Jika digigit ular sebaiknya tetap tenang karena kepanikan tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik.

"Tidak semua gigitan ular berasal dari ular berbisa dan korban tidak harus selalu dibawa ke rumah sakit," kata Aji.

Kebanyakan orang yang tergigit ular akan panik sebab mengira telah tergigit ular berbisa. Padahal kepanikan justru akan menimbulkan kerugian yang lain.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X