Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknik Dasar Bermain Bola Tangan

KOMPAS.com - Bola tangan merupakan permainan beregu yang menggunakan bola sebagai alatnya dan dimainkan dengan menggunakan satu atau kedua tangan.

Nama dari induk organisasi bola tangan adalah International Handball Federation (IHF) dan di Indonesia sendiri terdapat Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI).

Permainan ini bertujuan memasukkan bola sebanyak mungkin ke gawang lawan, serta mencegah supaya tim lawan tidak mampu memasukkan bola ke gawang kita sendiri.

Kunci keberhasilan permainan ini adalah dengan seorang pemain harus benar-benar memahami dan menguasai teknik-teknik dasar yang ada dalam permainan bola tangan.

Apa saja teknik dasar dalam bermain bola tangan?

Teknik dasar permainan bola tangan dibagi menjadi sebagai berikut:

Teknik menangkap bola (catching)

Teknik menangkap bola atau catching adalah teknik dasar yang sangat penting untuk dikuasai oleh seluruh pemain.

Pada dasarnya, teknik menangkap bola memerlukan sikap tubuh yang sesuai. Posisi tubuh harus menyesuaikan supaya bola datang langsung ke arah penangkap.

Caranya dengan mengikuti arah datangnya bola dengan menjulurkan tangan untuk menyambut bola, disertai dengan menyalurkan daya penahan sedikit demi sedikit terhadap bola.

Setelah bola dalam penguasaan, secepat mungkin menarik bola ke depan dada.

Teknik menembak bola (shooting)

Teknik menembak bola atau shooting adalah keterampilan melakukan tembakan sebagai bagian usaha untuk mencetak skor dalam permainan bola tangan.

Tujuan menembak bola adalah untuk mencetak skor sebanyak-sebanyaknya ke gawang lawan. Terdapat berbagai macam keterampilan shooting dalam permainan bola tangan.

Teknik shooting menjadi teknik yang memiliki peran yang sangat besar dalam mencetak skor.

Agar berhasil, tembakan harus bertenaga dan memiliki daya ledak (eksplosif power) yang berarti mengarahkan seluruh kekuatan dan kecepatan dalam waktu yang singkat, sehingga menciptakan gerak laju bola yang sangat cepat.

Menembak bola perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh hingga menghasilkan perbedaan sikap tubuh yang disesuaikan

Bentuk shooting paling menarik ialah flying shoot yang memerlukan irama tiga langkah. Selain itu, ada juga drive shoot, jump shoot, dan straight shoot.

Teknik menggiring bola (dribbling)

Teknik menggiring bola atau dribbling adalah usaha pemain dalam membawa bola dengan cara memantulkan bola ke lantai untuk mendekatan area pertahanan lawan.

Menggiring bola menjadi bentuk keterampilan untuk menguasai dan membawa bola dengan cara memantulkannya setiap kali ke tanah, dengan satu atau dua tangan.

Keterampilan ini cukup sulit karena membutuhkan koordinasi yang tinggi antara mata dan tangan.

Perlu diketahui bahwa arah pantulan bola bergantung pada arah datang dari bola itu ke tanah. Cepat atau lambatnya pergerakan bola berasal dari kuat lemahnya menggiring bola tersebut.

Dalam permainan bola tangan, dribbling juga dapat dikenal dengan teknik “tiga langkah sekali pantul.”

Menggiring bola merupakan suatu pergerakan memantulkan bola ke lantai secara terus-menerus dengan menggunakan sebelah tangan atau bertukar tangan tanpa memegang bola.

Keterampilan menggiring dapat digunakan dalam tiga macam situasi

  • Bergerak bebas apabila lawan tidak melakukan penjagaan;
  • Satu lawan satu;
  • Pemain lawan tidak dapat membuat halangan setelah menerima bola

Dribbling terdiri dari dribbling lurus dan dribbling silang.

Salah satu kendala dribbling yang dilakukan di lapangan terbuka (outdoor) adalah permukaan lapangan yang kurang rata.

Teknik melempar bola (passing)

Teknik melempar bola yang juga sering disebut dengan passing adalah usaha memberikan bola kepada rekan seregu dengan menggunakan satu atau dua tangan.

Tujuan melempar bola adalah untuk memberikan bola kepada kawan yang kemudian melakukan shooting, atau bisa juga untuk tujuan strategi pertahanan ataupun penyerangan.

Gaya melempar dapat berbeda-beda sesuai dengan keperluannya tetapi pola dasarnya tetap konsisten atau sama.

Dalam melempar bola harus mengusahakan bola tersebut dapat ditangkap.

Rerefensi:

  • Hermansah, B. (2018). Sosialisasi dan Latihan Teknik Dasar Olahraga Bola Tangan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Pakjo Palembang. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 185-192.
  • Susanto, E. (2017). Pengembangan tes keterampilan dasar olahraga bola tangan bagi mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 116-125.
  • Henjilito, R., Safitri, R. E., Yani, A., Zikri, I., & Yolanda, Y. (2022). PERAN PSIKOLOGI DALAM KONSEP TEKNIK DASAR BOLA TANGAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2061-2065.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/09/20/060000069/teknik-dasar-bermain-bola-tangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke