Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal 6 Provinsi di Pulau Sulawesi

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com- Celebes menjadi sebutan untuk pulau Sulawesi. Anoa dan burung Maleo menjadi hewan endemik wilayah ini.

Sulawesi merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia. Terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao, Kepulauan Sulu, dan Filipina.

Luas keseluruhan pulau ini mencapai 180.681 kilometer persegi. Pulau Sulawesi memiliki enam provinsi, yakni:

  • Sulawesi Utara
  • Gorontalo
  • Sulawesi Selatan
  • Sulawesi Tengah
  • Sulawesi Tenggara
  • Sulawesi Barat.

Berikut pemaparannya:

Sulawesi Utara

Wilayah ini memiliki kawasan paling utara di Indonesia, gugusan pulau Miangas namanya. Pulau ini berbatasan langsung dengan Filipina bagian selatan.

Sulawesi Utara yang beribu kota di Ambon ini, memiliki kepulauan sebanyak 287, dan 59 di antaranya berpenghuni.

Wilayah administratif Sulawesi Utara terdiri dari 11 kabupaten, 4 kota, serta memiliki 1.664 desa atau kelurahan.

Sulawesi Utara atau Sulut berbatasan dengan Laut Maluku dan Samudra Pasifik di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di selatan, Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo di sebelah barat, dan Provinsi Davao del Sur (Filipina) di utaranya.

Berdasarkan pendataan pada 2021, penduduk Sulawesi Utara berjumlah 2.655.970 jiwa, yang menempati wilayah seluas 13.892,47 kilometer persegi.

Provinsi Sulawesi Utara memiliki peninggalan fosil binatang purba, seperti gajah purba (stegodon) dan hewan lainnya. Di provinsi ini juga ditemukan perkakas serta uang logam kuno.

Hari jadi provinsi ini diperingati tiap 23 September. Flora dan fauna identitasnya, mencakup pohon Longusei dan Tarsius (sejenis primata di Pulau Sulawesi yang keberadaannya terancam punah).

Lagu daerah Sulawesi Utara adalah O ina ni keke, Si patoka’an, Tahanusangkara, dan Tano Tanobon. Puncak tertingginya adalah Gunung Klabat, dengan tinggi mencapai 1.995 meter atau 6,545 kaki.

Tempat wisata di provinsi ini, antara lain Pulau Lihaga, Pulau Lembeh di Kota Bitung, Pulau Ponteng, Pulau Mahoro, serta Taman Laut Bunaken.

Gorontalo

Provinsi ini lahir pada 5 Desember 2000, berdasarkan UU Nomor 38 tahun 2000.

Provinsi ini beribu kota di Gorontalo, yang merupakan salah satu kota tua di Sulawesi, selain Makassar dan Manado, serta kota terbesar di kawasan Teluk Tomini.

Dalam catatan sejarah, Semenanjung Gorontalo dan Kota Gorontalo merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam di Indonesia Timur, selain Ternate dan Bone.

Berdasarkan sensus BPS (Badan Pusat Statistik) pada 2021, jumlah penduduk Gorontalo mencapai 1.198.765 jiwa.

Mayoritas penduduknya berasal dari suku Gorontalo, suku Minahasa, dan lainnya. Sebagian besar penduduk provinsi ini memeluk agama Islam, Kristen Protestan, serta Katolik.

Hulontalo Lipu’u merupakan lagu khasnya. Sementara, flora dan fauna identitasnya adalah Gofasa dan Bulalao. Rumah adatnya disebut Bandayo Poboide, dan senjata tradisonalnya  adalah Bitu’o dan Sabele.

Sulawesi Selatan

Nenek moyang orang Sulawesi merupakan pelaut tangguh. Dibuktikan dengan kapal pinisi yakni kapal buatan khas Sulawesi Selatan.

Provinsi ini beribu kota di Makasar. Secara geografis, Provinsi Sulawesi Selatan terletak di 0º12' – 8ºLS dan 116º48' – 122º36'BT. Luas wilayahnya mencapai 46.717,48 kilometer persegi. Jumlah penduduknya dari data 2021 sejumlah 9.139.531 jiwa. 

Provinsi ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat, dan Laut Flores di selatan.

Suku bangsa utama di Sulawesi Selatan adalah Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar . Perekonomian warganya didasarkan pada pertanian, perikanan, dan pertambangan emas, magnesium, besi dan logam lainnya.

Bangunan bersejarah yang ada di provinsi ini adalah Benteng Rotterdam, Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan, Museum Kota Makassar, dan Masjid Jami’ Tua Palopo.

Sementara, tempat wisata terkenalnya, yaitu Pantai Losari, Pulau Samalona, Pulau Gusung, Taman Laut Taka Bonerate, Taman Nasional Bantimurung, Malino, Benteng Somba Opu, Kepulauan Selayar, dan lain sebagainya.

Senjata khasnya adalah Badik, dan rumah adatnya ialah Tongkonan. Flora dan faunanya, berupa Pohon Lontar dan Julang Sulawesi.

Sulawesi Tengah

Ibu kota Sulawesi Tengah adalah Palu. Luas wilayahnya sebesar 61.841,29 kilometer persegi. Menurut sensus penduduk pada 2021, jumlah penduduk sebanyak 3.021.879 jiwa.

Sulawesi Tengah merupakan provinsi terluas di Pulau Sulawesi, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak nomor dua di Pulau Sulawesi, setelah Sulawesi Selatan.

78 persen penduduknya memeluk agama Islam. Provinsi ini juga didiami umat Kristen Protestan sebesar 17%, Hindu 4 persen, Katolik 0,82 persen, dan Buddha sebesar 0,15 persen.

Eboni merupakan flora khas Sulawesi Tengah, dan Maleo Sengkawor merupakan fauna identiknya. Rumah adatnya adalah Seuraja, dan senjata khasnya, yakni Pasatimpo. 

Tempat wisata andalan Sulawesi Tengah, yaitu Pantai Talise, Pantai Tanjung Karang, Sou Raja, Pulau Pasoso, Pusentasi Pusat Laut Donggala, Taman Nasional Lore Lindu, dan sebagainya

Sulawesi Tenggara

Sebelum menjadi provinsi sendiri, Sulawesi Tenggara merupakan nama salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dan Tenggara (Sulselra), dengan Kecamatan Baubau sebagai ibu kota kabupatennya.

Sulawesi Tenggara ditetapkan sebagai daerah otonom berdasarkan Perpu No. 2 Tahun 1964 Juncto UU No.13 Tahun 1964.

Sulawesi Tenggara (disingkat Sultra) adalah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tenggara Pulau Sulawesi, dengan Kendari sebagai ibu kotanya.

Penduduk Sumatera Tenggara dari data 2021 sebanyak 2.659.159 jiwa, di mana 93 persen penduduknya beragama Islam, dan sisanya adalah Kristen, Katolik, Hindu, serta Buddha.

Di provinsi ini ada Taman Nasional Wakatobi yang merupakan salah satu taman nasional di Indonesia. Letaknya di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Taman nasional ini ditetapkan pada 19 Agustus 2002, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 7661/Kpts-II/2002.

Adapun Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau besar, yaitu Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko.

Selain Taman Nasional Wakatobi, ada tempat wisata menarik lainnya, seperti Pulau Labengki, Pulau Lohori, Air Terjun Mormo, Benteng Keraton Buton, Pantai Huntete, dan Benteng Liya Togo.

Laika atau Rumah Buton adalah rumah adat resminya. Senjata tradisionalnya ialah parang taawu. Flora dan fauna khasnya, yakni anggrek serat dan anoa (kerbau hutan khas Pulau Sulawesi).

Sulawesi Barat

Adalah provinsi yang terletak di bagian barat Pulau Sulawesi, Indonesia. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Sulawesi Selatan hingga 2004.

Ibu kota Sulawesi Barat adalah Mamuju. Jumlah penduduk Sulawesi Barat pada 2021 sebanyak 1.436.842 jiwa. 

Provinsi ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah di utara, Sulawesi Selatan di sebelah timur dan selatan, serta Selat Makassar di barat. 

Tempat wisata terbaiknya adalah Pantai Manakarra, Pulau Karampuang, Air Terjun Tamasapi, Air Terjun Indo Rannuang, serta Pantai Lombang.

Senjata khas Sulawesi Tenggara adalah badik, dan Boyang sebagai rumah adatnya. Cempaka Hutan Kasar merupakan flora identitas, dan Mandar Dengkur adalah fauna khasnya.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/24/140000369/mengenal-6-provinsi-di-pulau-sulawesi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke