Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Individu, Populasi, Komunitas, Ekosistem, dan Biosfer

KOMPAS.com – Kehidupan di bumi memiliki tingkatan organisasi dan tingkat ekologi. Tingkat ekologi dari yang paling rendah ke yang paling tinggi adalah:

  • Individu
  • Populasi
  • Komunitas
  • Ekosistem
  • Biosfer

Untuk memahami tingkatan organisasi tersebut, berikut adalah pengertian dan contoh dari tiap tingkat ekologi!

Individu

Individu merupakan tingkat ekologi paling rendah yaitu satu jenis organisme. Misalnya, seekor kupu-kupu, seekor sapi, seekor ikan, seekor paus, seekor harimau, sebatang pohon kelapa, dan seorang manusia.

Populasi

Tingkatan ekologi yang lebih tinggi dari individu adalah populasi. Dilansir dari Biology LibreTexts, populasi adalah sekelompok organisme dari spesies yang sama yang hidup di suatu daerah tertentu dalam waktu yang sama pula.

Misalnya, dua ekor kupu-kupu pada sebuah taman bunga disebut sebagai populasi. Namun, jika dua ekor kupu-kupu dari spesies sama tinggal di dua taman bunga yang berbeda, maka keduanya bukanlah satu populasi.

Adapun, dua kupu-kupu yang tinggal dalam taman yang sama namun pada waktu berbeda bukanlah suatu populasi. Karena populasi harus hidup ditempat dan waktu yang sama.

Contoh lain dari populasi adalah populasi manusia di Pulau Jawa, populasi rumput liar di savanah, dan populasi orang utan di Kalimantan.

Komunitas

Tingkat ekologi selanjutnya adalah komunitas. Komunitas adalah kumpulan dari beberapa populasi spesies yang berbeda.

Sekumpulan kupu-kupu di taman merupakan suatu komunitas jika terdiri atas spesies kupu-kupu yang berbeda. Namun, jika sekumpulan kupu-kupu tersebut terdiri dar populasi yang sama. Maka, sekumpulan kupu-kupu terebut adalah populasi.

Ekosistem

Tingkat ekologi di atas komunitas adalah ekosistem. Ekosistem adalah kumpulan dari komunitas makhluk hidup. Tidak hanya komunitas yang merupakan faktor biotik, ekosistem juga mencakup faktor abiotik.

Misalnya, tanah, udara, dan air tempat suatu komunitas berada. Ekosistem di muka bumi terbagi menjadi banyak jenis, misalnya taiga, hutan hujan tropis, hutan gugur, padang lamun, sabana, tundra, estuari, terumbu karang, pantai berpasir, pantai berbatu, dan laut dalam.

Biosfer

Di atas ekosistem ada tingkat ekologi selanjutnya, yaitu biosfer. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, biosfer adalah lapisan tipis penyokong kehidupan di permukaan bumi yang terbentang dari beberapa kilometer ke atmosfer hingga ventilasi laut dalam.

Biosfer mencakup semua jenis ekosistem yang ada di permukaan bumi. Sederhanya, semua faktor biotik dan abiotik di permukaan bumi adalah biosfer.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/16/150803169/individu-populasi-komunitas-ekosistem-dan-biosfer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke