Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unsur-unsur Prisma Segitiga

Sisi

Prisma segitiga memiliki unsur sisi yang berjumlah lima. Dilansir dari Splash Learn, prisma adalah bangun tiga dimensi dengan dua sisi identik yang saling berhadapan.

Dua buah sisi identik yang saling berhadapan disebut dengan basis. Sedangkan, tiga sisi lainnya berada di bagian samping membentuk ruang prisma segitiga.

Misalnya, pada gambar terlihatprisma segitiga ABC.DEF. Maka dua basis prismanya adalah sisi ABC dan sisi DEF. Sedangkan, tiga sisi lainnya adalah sisi ABFD, ACED, dan BCEF.

Rusuk

Prisma segitiga juga terbentuk dari unsur berupa rusuk. Rusuk prisma segitiga merupakan garis lurus yang membangun bangun ruang tersebut.

Prisma segitiga memiliki sembila buah rusuk. Pada gambar, rusuk prisma segitiga adalah AB, AC, BC, AD, BF, CE, DE, DF, dan EF.

Titik sudut

Dilansir dari Cuemath, lima buah sisi dan sembuah rusuk prisma segitiga memebentuk enam buah titik sudut. Keenam titik sudut tersebut adalah sudut A, sudut B, sucut C, sudut E, sudut D,sudut E, dan sudut F.

Tinggi prisma

Seperti bangun ruang sisi datar lainnya, prisma segitiga memiliki tinggi. Tinggi pada prisma segitiga adalah jarak antara kedua basisnya. Sehingga, tinggi prisma segitiga adalah tinggi rusuk sisi sampingnya.

Diagonal sisi

Setiap sisi samping prisma memiliki dua buah diagonal sisi, sedangkan prisma segitiga memiliki tiga buah sisi samping. Maka, prisma segitiga memiliki enam buah garis diagonal sisi.

Namun, prisma segitiga tidak memiliki diagonal ruang. Hal tersebut dikarenakan setiap garis yang menghubungkan satu sudut dengan sudut lainnya dalam prisma segitiga berada di sisinya dan tidak melintasi ruang prisma.

Rumus-rumus prisma segitiga

Prisma segitiga merupakan bangun ruang, sehingga memiliki unsur berupa luas permukaan dan juga volume. Berikut adalah rumus luas dan volume prisma segitiga!

Luas permukaan prisma segitiga

Luas permukaan prisma segitiga adalah total dari luas dua basisnya dan keenam sisi sampingnya. Sehingga, rumus luas permukaan prisma segitiga adalah:

Lp = (2 x La) + (Ka x tp)
     = (2 x ½ x a x t) + (Ka x tp)

Dengan,
Lp: luas permukaan prisma segitiga
La: luas alas
Ka: keliling alas
tp: tinggi prisma
a: alas segitiga (basis prisma)
t: tinggi segitiga (basis prisma)

Volume prisma segitiga

Dilansir dari Mathematics LibreTexts, secara umum rumus menghitung volume prisma adalah luas alas dikali tinggi. Pada prisma segitiga, yang menjadi alasnya adalah basis berbentuk segitiga. Sehingga, rumus volume prismanya menjadi:

V = luas segitiga x tinggi
   = (½ a x t) x tp

Dengan,
V: volume
a: panjang alas segitiga (basis prisma)
t: tinggi segitiga (basis prisma)
tp: tinggi prisma

https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/18/154455269/unsur-unsur-prisma-segitiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke