Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna dari Pernyataan "Pada Saat Inilah Kemasan Mengambil Alih Tugas Penjualan"

KOMPAS.com – Kemasan adalah bungkus atau wadah suatu produk. Kemasan memegang peranan penting dalam penjualan suatu produk.

Jelaskan pengertian dari pernyataan berikut “Pada saat inilah kemasan mengambil alih tugas penjualan”!

Kemasan adalah citra sebuah produk

Kemasan suatu produk dirancang untuk melindungi produk dari kerusakan akibat lingkungan luar, memudahkan proses pengiriman produk, memberikan identitas dan informasi tentang produk yang dijual, dan juga menarik perhatian calon.

Menurut Bambang Bhakti dalam buku Merek dan Kemasan (2001), menyebutkan bahwa kemasan memberikan kesan singkat dari citra produk yang ingin disampaikan oleh produsen dan kemasan tersebut harus berkaitan dengan dengan fungsi produk yang dijual.

Sehingga kemasan harus mampu menarik perhatian, menggambarkan keistimewaan produk, dan membujuk konsumen untuk membelinya.

C. S. Cenadi dalam buku Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran (2000), pada saat inilah kemasan mengambil alih tugas penjualan, bukan sekedar pelindung atau wadah saja.

Makna pernyataan 

Makna dari penyataan "Pada saat inilah kemasan mengambil alih tugas penjualan” adalah kemasan berfungsi untuk meningkatkan penjualan.

Kemasan yang menarik akan menarik perhatian dan membuat seorang konsumen membelinya dibanding dengan produk lain.

Misalnya kemasan makanan yang memperlihatkan gambar makanan lezat dan tulisan seperti “lezat”, “renyah”, “sedap”, dan sebagainya akan dianggap isi produknya lebih enak. Sehingga, konsumen cenderung membeli makanan tersebut.

Atau minuman penurun berat badan biasanya memiliki kemasan berupa botol yang ramping. Botol yang ramping memberikan kesan langsing yang sesuai dengan produk penurun berat badan. Sehingga, konsumen merasa minuman tersebut benar-benar bisa menurunkan berat badan.

Warna kemasan juga berpengaruh pada konsumen. Misalnya, makanan sehat akan dibungkus dengan kemasan berwarna hijau dan diberikan tulisan jumlah kalori makanan tersebut dalam jumlah besar. Warna kemasan yang hijau memberikan kesan sehat dan alami.

Jumlah kalori yang tercantum juga memberikan kesan seakan produsen makanan tersebut benar-benar memperdulikan kesehatan produknya. Sehingga, pembeli akan cemderung membeli produk makanan tersebut karena dikira lebih sehat dibandingkan produk makanan lainnya.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/19/120000969/makna-dari-pernyataan-pada-saat-inilah-kemasan-mengambil-alih-tugas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke