Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kota Kabupaten di Jawa Tengah beserta Garis Lintang dan Garis Bujurnya

KOMPAS.com - Jawa Tengah memiliki 29 kabupaten dan 6 kota. Pada tiap wilayah tersebut, semuanya memiliki posisi garis lintang dan garis bujurnya masing-masing.

Menurut Win Bale dalam buku Atlas Pelajar Indonesia dan Dunia (2009), garis lintang adalah jarak dari garis khatulistiwa ke arah Kutub Utara serta Kutub Selatan. Jarak ini dinyatakan dalam bentuk derajat, dan disimbolkan dengan LU (Lintang Utara) serta LS (Lintang Selatan).

Sementara itu, garis bujur adalah jarak dari garis bujur utama ke arah timur dan ke arah barat. Garis ini sering juga disebut garis meridian.

Sama seperti garis lintang, garis bujur juga dinyatakan dalam bentuk derajat, dan disimbolkan dengan BB (Bujur Barat) serta BB (Bujur Barat).

10 kota kabupaten di Jawa Tengah

Melansir dari situs Badan Pusat Statistik (BPS), beberapa contoh kabupaten dan kota di Jawa Tengah, adalah Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kota Semarang, dan masih banyak lagi.

Gambaran lebih lanjut mengenai nama kabupaten dan kota di Jawa Tengah bisa dilihat dari peta di bawah ini.

Letak geografis kota Semarang sekitar 110º BT dan 7º LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna.

Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas, kemudian tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/05/143000469/10-kota-kabupaten-di-jawa-tengah-beserta-garis-lintang-dan-garis-bujurnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke