Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Kegiatan Konsumsi dan Contohnya

KOMPAS.com - Konsumsi merupakan salah satu kegiatan ekonomi, yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Kegiatan konsumsi tidak dapat dipisahkan dari kegiatan produksi dan distribusi.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kegiatan produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa. Sedangkan kegiatan distribusi adalah kegiatan penyaluran atau pengiriman barang atau jasa.

Lalu apa pengertian kegiatan konsumsi?

Pengertian kegiatan konsumsi

Menurut T. Puji Rahayu dalam buku Pelaku Kegiatan Ekonomi (2019), kegiatan konsumsi adalah kegiatan memakai atau menggunakan produk atau jasa yang dihasilkan oleh produsen (pelaku kegiatan produksi).

Dalam buku Pengantar Ilmu Ekonomi: Kajian Teoritis dan Praktis Mengatasi Masalah Pokok Perekonomian (2020) karya Subhan Purwadinata dan Ridolof Wenand Batilmurik, disebutkan bahwa masyarakat atau pelaku kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Kegiatan konsumsi bisa juga diartikan sebagai kegiatan menghabiskan produk, atau penggunaan secara berulang untuk mengurangi manfaat, kegunaan, serta nilainya.

Sehingga pengertian dari kegiatan konsumsi adalah kegiatan memakai, menggunakan secara berulang, atau menghabiskan sebuah produk atau jasa, untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Contoh kegiatan konsumsi

Manusia melakukan kegiatan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Konsumsi tidak selalu tentang mengonsumsi makanan, tetapi juga bisa menggunakan atau memanfaatkan barang atau jasa.

Agar bisa melakukan kegiatan konsumsi, manusia harus melakukan pengorbanan atau mengeluarkan uang, tergantung pada barang atau jasa apa yang ingin digunakan.

Berikut ini beberapa contoh kegiatan konsumsi:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/28/143000869/pengertian-kegiatan-konsumsi-dan-contohnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke