Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Faktor Penyebab Sebagian Negara Tertinggal dalam Bidang Pendidikan

KOMPAS.com - Pendidikan menjadi suatu hal penting dan prioritas di berbagai negara. Namun, sebagian negara di dunia masih ada yang mengalami ketertinggalan dalam bidang pendidikan.

Kondisi ketertinggalan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal. Apabila faktor penyebab ini dapat ditangani dengan baik, kualitas pendidikan suatu negara bisa meningkat ke arah yang lebih baik.

Faktor penyebab

Faktor penyebab sebagian negara-negara di dunia masih tertinggal dalam hal pendidikan antara lain tidak memadainya fasilitas pendidikan, serta keahlian guru atau tenaga pendidik yang tidak sesuai. Berikut penjelasannya:

Faktor internal

Beberapa faktor internal yang menjadi penyebab sebagian negara-negara di dunia masih tertinggal dalam hal pendidikan, yakni:

  • Keahlian guru atau tenaga pendidik yang tidak sesuai

Menurut Zulkarnaen dan Ari Dwi Handoyo dalam jurnal Faktor-Faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata di Indonesia (2019), tidak sesuainya keahlian guru atau tenaga pendidik saat mengajar, dapat menyebabkan kualitas pendidikan menurun.

Contohnya guru IPA mengajar IPS, guru olahraga mengajar matematika, dan lainnya. Ketika guru atau tenaga pendidik mengajar tidak sesuai bidang atau keahliannya, maka apa yang diajarkan guru menjadi kurang mendalam. Akibatnya kualitas pendidikan menurun.

  • Tidak memadainya fasilitas pendidikan

Dikutip dari buku Mewujudkan Kemandirian Indonesia melalui Inovasi Dunia Pendidikan (2021) karya Arif Ganda Nugroho dan teman-teman, rendah atau tidak memadainya fasilitas (sarana dan prasarana) juga menyebabkan kualitas pendidikan menjadi tertinggal.

Contohnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan di sekolah, seperti laboratorium, perpustakaan, buku pelajaran, papan tulis, meja dan kursi, dan masih banyak lagi. Tidak memadainya fasilitas ini bisa disebabkan oleh rendahnya anggaran pendidikan.

  • Tidak meratanya pendidikan

Artinya tidak semua wilayah di sebuah negara dapat dijangkau oleh fasilitas pendidikan, seperti tenaga pengajar dan fasilitas sekolah. 

Faktor eksternal

Beberapa faktor eksternal yang menjadi penyebab sebagian negara-negara di dunia masih tertinggal dalam hal pendidikan, yaitu:

  • Kesadaran masyarakat untuk menempuh pendidikan

Tingkat kesadaran masyarakat untuk menempuh pendidikan juga menjadi faktor penyebab sebagian negara di dunia masih tertinggal dalam bidang pendidikan.

Kesadaran masyarakat berarti kemauan untuk menyekolahkan anak-anaknya atau menempuh pendidikan.

  • Kualitas biaya pendidikan yang mahal

Mahalnya biaya pendidikan membuat tidak semua orang mampu dan mau untuk sekolah. Akibatnya orang lebih memilih bekerja dibanding menempuh pendidikan.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/23/143000669/faktor-penyebab-sebagian-negara-tertinggal-dalam-bidang-pendidikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke