Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Fungsi Kata Sifat (Adjektiva) Beserta Contoh Kalimatnya

KOMPAS.com – Harum, bau, cantik, besar, kecil, kasar, lembut, suram, cerah, mewah, mahal, sederhana, bagus, indah, sulit, dan mudah.

Menurutmu, apa kesamaan dari kata-kata di tersebut? Kata-kata tersebut sama-sama menerangkan sifat sehingga tergolong ke dalam adjektiva atau kata sifat.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adjektiva adalah kata yang menerangkan nomina (kata benda) dan secara umum dapat bergabung dengan kata lebih dan sangat.

Adjektiva atau kata sifat dalam bahasa Indonesia memiliki tiga buah fungsi. Menurut C. A. Mees dalam buku berjudul Tatabahasa Indonesia (1954) menyatakan bahwa adjektiva dapat berfungsi atributif, predikatif, dan substantif.

Berikut penjelasannya:

  • Atributif

Fungsi atributif adjektiva adalah menerangkan sifat nomina dan selalu terikat pada nomina tersebut.p

Alwi dalam buku Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia (1998) menyebutkan bahwa adjektiva adalah kata yang memberikan keterangan khusus tentang sesuatu yang dinyatakan oleh nomina dalam kalimat.

Sehingga adjektiva atributif bersifat sebagai atribut yang melengkapi atau menjelaskan suatu nomina. Contoh adjektiva atributi adalah kalimat “Ia adalah gadis yang cantik dan lembut”. Kata cantik dan lembut merupakan adjektiva yang berfungsi sebagai atribut dan menerangkan nomina gadis. 

Contoh adjektiva atribut:

  1. Pohon jati memiliki tubuh yang kokoh dan kuat.
  2. Hak asasi manusia disebutkan dengan jelas dalam Undang-Undang Dasar 1945.
  3. Kultur jaringan dilakukan pada wadah yang steril.
  4. Sifat sombong akan membawa masalah dalam kehidupan.
  5. Presentasi dijelaskan secara singkat dan dibarengi dengan gambar ilustrasi.
  • Predikatif

Sry Satriya Tjatur Wisnu Sasangka, dkk dalam buku Adjektiva dan Adverbia dalam Bahasa Indonesia (2000) menyebutkan bahwa pada tataran kalimat, sebagian besar adjektiva berfungsi sebagai predikat.

Contoh adjektiva predikatif adalah kalimat “Rasa air laut itu asin”. Asin merupakan adjektiva yang berfungsi sebagai predikat dan terletak di sebelah kanan subyek rasa air laut. Contoh lain dari fungsi predikatif adjektiva adalah:

  1. Sekolahku dekat dari rumah.
  2. Hatinya resah ketika hujan turun.
  3. Celana anak itu kepanjangan.
  4. Permainan itu sangat menyenangkan.
  5. Bajunya basah terkena hujan.
  • Substantif

Subtantif adjektiva adalah fungsi adjektiva untuk melengkapi atau mendampingi subyek. Contoh adjektiva substantif adalah kalimat “Yang kecil sudah dibawa oleh ayah kemarin”.

Kata kecil merupakan adjektiva substantif yang menjelaskan kata yang sebagai inti kalimat tersebut. Contoh lain fungsi substantif kata adjektiva dalam kalimat adalah:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/08/131500769/3-fungsi-kata-sifat-adjektiva-beserta-contoh-kalimatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke