Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baris Berbaris: Pengertian, Manfaat dan Tujuan

KOMPAS.com - Dalam pramuka, baris berbaris menjadi satu materi wajib yang patut dipelajari. Pelatihan baris berbaris mengajarkan para anggota pramuka untuk bisa hidup teratur dan tertib setiap harinya.

Mengutip dari buku Panduan Resmi Pramuka (2015) karya Zuli Agus Firmansyah, yang dimaksud dengan baris berbaris adalah suatu perwujudan latihan fisik yang ditujukan untuk menanamkan kebiasaan agar membentuk watak tertentu. 

Manfaat baris berbaris

Pelatihan baris berbaris tidak hanya melatih pembentukan watak para anggota pramuka, tetapi juga melatih fisik dan membentuk tanggung jawab. Selain itu, baris berbaris juga turut menanamkan sikap disiplin dan patriotisme.

Melansir dari situs resmi TNI, Peraturan Baris Berbaris atau PBB memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  1. Menumbuhkan rasa disiplin
    Pelatihan baris berbaris dapat membuat peserta lebih disiplin karena harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan.
  2. Menumbuhkan rasa kebersamaan
    Pelatihan ini juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan di antara peserta baris berbaris. Mereka juga dilatih untuk bekerja sama dalam mengikuti dan menjalankan aba-aba.
  3. Meningkatkan daya konsentrasi
    Baris berbaris membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, mulai dari mendengarkan setiap instruksi yang diberikan hingga bergerak sesuai dengan aba-abanya.
  4. Melatih solidaritas
    Baris berbaris juga turut menumbuhkan dan melatih solidaritas antar anggota pramuka. Selain solidaritas, pelatihan ini juga turut menumbuhkan rasa setia kawan.

Tujuan baris berbaris

Dalam Buku Panduan Pramuka Siaga (2015) karya Agus S. Dani dan Budi Anwari, tujuan baris berbaris dibagi menjadi lima, yaitu:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/22/135239169/baris-berbaris-pengertian-manfaat-dan-tujuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke