Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manajemen Organisasi: Pengertian, Fungsi, Struktur dan Perannya

KOMPAS.com - Organisasi akan berjalan dengan baik, jika manajemennya tepat. Hal ini bisa disebut sebagai manajemen organisasi.

Hampir seluruh perusahaan membutuhkan manajemen organisasi yang baik. Jika manajemennya baik, maka kemungkinan besar tujuan perusahaan bisa tercapai.

Pengertian manajemen organisasi bisa dipahami dari definisi kata 'manajemen' dan 'organisasi. Apa definisi manajemen dan organisasi?

Menurut Dian Ari Nugroho dalam buku Pengantar Manajemen untuk Organisasi Bisnis, Publik dan Nirlaba (2017), manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Sumber daya ini bisa berupa tenaga kerja, keuangan, sumber daya alam, pengetahuan, dan lainnya. Tujuan utama dari adanya manajemen ialah mencapai tujuan yang disasar perusahaan dengan cara yang efektif dan efisien.

Sedangkan organisasi berarti kumpulan orang yang saling bekerja sama dan berinteraksi satu sama lain serta memiliki peran, tugas dan fungsi penting dalam kumpulan tersebut.

Maka bisa diartikan bahwa manajemen organisasi adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasaan sumber daya organisasi, yang mana setiap orangnya memiliki tugas, peran dan fungsi penting untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam Bahasa Inggris, manajemen organisasi disebut organizational management. Dilansir dari My Accounting Course, organizational management ialah kegiatan manajemen yang dilakukan untuk memenuhi tujuan perusahaan, termasuk menangani permasalahan yang ada.

Fungsi manajemen organisasi

Mengapa fungsi pengorganisasian dianggap sebagai fungsi yang penting dalam manajemen? Karena adanya manajemen membentuk sistem pengorganisasian yang memudahkan pihak manajemen melakukan pengendalian dan pengawasan organisasi yang sedang berjalan.

Dengan begitu, manajemen sendiri bisa mengetahui letak kekurangan manajemen sehingga dapat diperbaiki dan tujuan manajemen dapat tercapai.

Mengutip dari buku Manajemen Organisasi (Teori dan Kasus) (2019) karya An Ras Try Astuti, ada tujuh fungsi manajemen organisasi, yaitu:

  • Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah fungsi paling utama dari manajemen organisasi. Perencanaan berarti membuat sasaran capaian tujuan, cara pengembangan dan pembentukannya. Planning juga merupakan cara paling baik untuk mencapai tujuan dan menerapkan strategi organisasi.

  • Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian mengacu pada hubungan antarindividu dalam sebuah organisasi. Organizing juga berkaitan dengan kemampuan dan sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi.

  • Kepegawaian (Staffing) 

Kepegawaian atau karyawan merupakan sumber daya terpenting dalam sebuah organisasi. Staffing mencakup perekrutan, seleksi, pemerolehan, pelatihan serta penilaian karyawan. Kepegawaian menjadi salah satu penentu keberhasilan organisasi untuk mencapai tujuannya.

  • Pengarahan (Directing) 

Pengarahan biasanya dilakukan oleh manajer. Tugasnya memberi instruksi, membimbing serta meninjau pegawai, sebagai salah satu cara menca[ai tujuan. Directing harus dilakukan dengan baik karena menjadi penentu keberhasilan organisasi, selain kepegawaian.

  • Motivasi (Motivating)

Motivasi diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dalam organisasi. Motivating ini diperlukan supaya karyawan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik, sehingga dengan demikian tujuan perusahaan tercapai.

  • Pelaksanaan (Actuating)

Pelaksanaan berarti organisasi melaksanakan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Actuating menekankan pada kegiatan kumpulan orang dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

  • Pengawasan (Controlling)

Pengawasan berarti manajer mengawasi bagaimana proses pelaksanaan kegiatan oleh pegawai. Controlling juga termasuk penentuan apakah tujuan organisasi bisa tercapai dengan rencana dan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Struktur dan manajemen organisasi

Struktur manajemen organisasi menekankan susunan atau hubungan antarbagian dalam sebuah organisasi. Struktur ini diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Biasanya struktur organisasi berbentuk diagram visual yang berisikan pemaparan tentang posisi pegawai dalam sebuah organisasi. Sehingga tampak jelas kepada siapa tugas mereka harus dilaporkan dan lain sebagainya.

Berikut contoh struktur organisasi:

Dalam struktur organisasi tersebut, direktur utama bertugas sebagai pemimpin perusahaan. Direktur haruslah bertanggung jawab kepada direktur utama. Dalam menjalankan tugasnya, direktur membawahi manager pemasaran, manager dan manager produksi. Tiap manager membawahi divisi sesuai dengan bidangnya.

Misalnya manager pemasaran memimpin divisi pemasaran untuk melakukan pemasaran produksi. Sedangkan manager membawahi divisi untuk mengatur pegawai. Manager produksi bertanggung jawab atas divisi produksi barang suatu perusahaan.

Peran manajemen organisasi

Adanya manajemen bisa membantu perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkannya. Manajemen berperan untuk melaksanakan tahapan atau fungsi manajemen dalam sebuah organisasi.

Jika manajemen organisasinya baik, maka tujuan organisasi atau perusahaan bisa tercapai. Manajemen juga turut berperan dalam menentukan kegiatan atau langkah apa saja yang dianggap efisien dan efektif untuk perusahaan.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/20/125355969/manajemen-organisasi-pengertian-fungsi-struktur-dan-perannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke