Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intervensi: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Dampak

KOMPAS.com - Pernahkah kamu bekerja dalam suatu kelompok untuk menyelesaikan satu tugas yang diberikan oleh guru? Namun ada satu orang di luar kelompokmu yang turut campur dalam diskusi kelompokmu.

Orang tersebut turut memberikan keputusan dalam pengerjaan kelompokmu, hal itu dinamakan intervensi.

Dilansir dari Oxford Bibliographies, pengertian intervensi adalah campur tangan suatu negara dalam urusan negara seperti politik ataupun militer dari negara lain.

Intervensi juga dapat dikatakan sebagai campur tangan negara diktator dalam urusan negara lain. Namun intervensi juga dapat berupa turut campurnya suatu pihak untuk membantu penyelesaian masalah pihak lainnya.

Tujuan intervensi

Turut campurnya pihak lain atau intervensi terhadap suatu masalah yang bukan masalahnya bertujuan untuk membantu permasalahan pihak tersebut agar dapat selesai. Namun intervensi juga dapat bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari permasalahan orang lain.

Jenis-jenis intervensi

Dilansir dari SRD Law Notes, ada tiga jenis intervensi berdasarkan jangkauannya yaitu intervensi internal, intervensi eksternal, dan intervensi reprisal. Berikut penjelasannya: 

Dampak intervensi

Intervensi dapat berdampak positif (baik) ataupun berdampak negatif (buruk) sesuai dengan tujuan dilakukannya, sebagai berikut:

  • Intervensi positif adalah intervensi yang berdampak baik bagi negara yang dicampuri urusannya. Misalnya intervensi negara Indonesia dalam mengakhiri perang Kamboja dan Vietnam, juga intervensi PBB untuk menjaga keamanan dan tidak adanya pelanggaran HAM di seluruh negara di dunia.
  • Intervensi negatif adalah intervensi yang berdampak buruk bagi negara yang dicampuri urusannya. Contohnya adalah masuknya Italia untuk membela Jerman melawan Inggris Raya pada Perang Dunia II yang memperparah peperangan. Intervensi negatif juga sering kali dilakukan negara kuat untuk mendapatkan keuntungan sumber daya maupun politik dari negara yang lebih lemah.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/05/155701269/intervensi-pengertian-jenis-tujuan-dan-dampak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke