Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Tari Kreasi Berpasangan

Berdasarkan jumlah penarinya, ada jenis tari berpasangan. Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sesuai dengan namanya, tari kreasi berpasangan adalah tarian yang dilakukan oleh oleh dua orang penari, baik berlawanan jenis ataupun sesama jenis. Gerak tarian harus saling mengisi satu sama lain hingga tercipta gerakan tari yang harmonis.

Gerakan tarian berpasangan ini menitikberatkan pada interaksi kedua penari serta keselarasan gerak penari. Gerakan tari berpasangan ini biasanya lebih variatif jika dibandingkan dengan gerak tarian yang dilakukan sendirian.

Contoh Tari Kreasi Berpasangan di Indonesia

Hampir semua wilayah di Indonesia memiliki tari berpasangan khas dari wilayahnya masing-masing.

Seperti Tari Ketuk Tilu dari Jawa Barat, Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Serampang Dua Belas dari Sumatera Utara, Tari Legong dari Bali, Tari Wireng dari Jawa Tengah, Tari Bedhaya Ketawang dari Yogyakarta, dan Tari Remo dari Jawa Timur.

Namun, sejak Islam masuk ke Indonesia, tari Piring memiliki pergeseran makna menjadi hanya sebatas hiburan dan kesenian semata. Tari piring diawali dengan gerakan yang rumit sambil membawa piring di kedua tangan, lalu di akhir tarian piring akan dilempar ke atas dan penari akan berjalan di atas pecahan piring. Dikarenakan gerakannya yang berbahaya tari piring harus dilakukan oleh profesional.

Awalnya penari terdiri dari dua orang lelaki karena wanita dilarang menari namun karena makna dari tarian ini mengisahkan tentang sepasang kekasih maka akhirnya tarian ini ditarikan oleh sepasang wanita dan pria. Berkat tarian ini pula sedikit demi sedikit muncul kesetaraan antara pria dan wanita di Sumatera Utara.

Namun seiring berlalunya waktu tarian ini bertujuan sebagai hiburan semata. Tarian ini biasanya dipentaskan di bawah sinar bulan purnama dengan menggunakan properti berupa kipas.

Tarian ini hanya mencerikan tentang keprajuritan dan tidak menceritakan hal yang lain. Tarian ini sekarang sering ditampilkan pada acara keraton Surakarta.

Tari Bedhaya Ketawang ini merupakan tarian yang sakral dan disucikan karena berkaitan dengan keTuhanan.

Gerakan hentakan pada tarian ini memiliki makna sebagai pengingat agar kita sebagai manusia selalu sadar akan kehidupannya di muka bumi. Tarian ini juga menggunakan lonceng sebagai atributnya sehingga menimbulkan bunyi lonceng yang khas di setiap langkah gerakannya.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/19/151702769/contoh-tari-kreasi-berpasangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke