Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ras Kaukasoid: Subras dan Ciri-Cirinya

KOMPAS.com - Ras merupakan sebuah gagasan untuk membagi manusia menjadi beberapa kelompok berdasarkan perbedaan fisik dan perilaku yang diwariskan.

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), istilah ras mulai muncul pada abad ke-17. Kategori ras diutamakan pada perbedaan fisik, seperti warna kulit, tekstur rambut, ciri wajah, dan bentuk mata.

Ciri khas tersebut terjadi berkaitan dengan populasi yang besar dan terpisah secara geografis di benua-benua yang ada di dunia. Beberapa ahli menganggap ras sebagai cerminan dari variasi fisik yang terlihat di antar kelompok manusia.

Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, disepakati ada empat ras di dunia, salah satunya kaukasoid. Ras Kaukasoid memiliki empat subras yang terbagi, sebagai berikut:

  1. Nordic, seperti Eropa Utara sekitar laut Baltik
  2. Alpine, yaitu Eropa Tengah dan Eropa Timur
  3. Mediteranian, adalah sekitar laut Tengah, Afrika Utara, Armenia, Arab, dan Iran
  4. Indic, yakni Pakistan, India, Bangladesh, dan Sri Lanka

Ciri-ciri ras Kaukasoid

Dalam buku Sosiologi Keluarga (2020) karya Evy Clara, kelompok ras utama ini mencakup banyak subkelompok dengan berbagai elemen ras. Namun, ciri-ciri ras Kaukasoid secara umum, yaitu:

  • Warna kulit

Warna kulit menunjukkan variasi yang luas, seperti putih, zaitun, corak cokelat yang berbeda, hingga cokelat tua.

  • Rambut

Bentuk rambut ras Kaukasoid bervariasi, mulai dari datar bergelombang hingga keriting dengan tingkat yang beragam. Warna rambut cenerung lebih terang, jarang sekali rambut ras Kaukasoid berwarna hitam.

Tekstur rambut dari ras ini cenderung sedang, meskipun ada beberapa yang halus namun tidak banyak. Jumlah rambut biasanya cenderung sedang.

  • Kepala

Bentuk kepala ras Kaukasoid bervariasi mulai dari dolichocephalic (panjang dan oval, sehingga wajah menjadi sempit, panjang, dan protrusif) sampai brachycephalic (bentuk kepala yang lebar).

  • Hidung

Bentuk hidung mulai dari leptorrhine hingga mesprrhine. Tulang hidung cenderung tinggi, sehingga terlihat mancung dan besar.

  • Wajah

Wajah ras Kaukasoid memiliki dahi yang tinggi, biobir tipis, dan dagu menonjol. Tulang pipi sama sekali tidak menonjol dan prognatisme (rahang) wajah sama sekali tidak ada.

  • Mata dan tinggi badan

Warna mata ras ini tidak hitam, cenderung memperlihatkan corak dengan warna-warna terang. Untuk tinggi badan masuk dalam kategori tinggi.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/11/140523469/ras-kaukasoid-subras-dan-ciri-cirinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke