Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Merkurius dan Venus Tidak Memiliki Satelit Alami?

Namun di tata surya kita, ada dua planet yang tidak memiliki satelit alami yakni Merkurius dan Venus. Mengapa begitu?

Dikutip dari situs National Aeronautics and Space Administration (NASA), ada alasan khusus yang mendasari mengapa dua planet ini tidak memiliki satelit alami.

Planet Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Kira-kira jaraknya 57,9 juta km dari matahari.

Karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari, hal ini membuat gaya gravitasi matahari lebih tinggi dibanding gaya gravitasi planet Merkurius.

Gaya gravitasi matahari yang lebih besar dibanding planet Merkurius ini menyebabkan tidak adanya satelit alami yang bisa mengorbit dan stabil selama bertahun-tahun di sekitar planet Merkurius.

Sedangkan untuk planet Venus yang tidak memiliki satelit alami, salah satu alasannya juga dikarenakan jarak yang cukup dekat dengan matahari.

Selain itu, adanya perubahan rotasi dari planet Venus juga berpengaruh pada hal ini. Menurut teori yang beredar, dahulu ada sebuah satelit alami yang bergerak memutari planet Venus.

Namun, karena adanya benturan satelit tersebut pecah menjadi beberapa bagian. Kemudian terjadi benturan lagi yang menyebabkan arah rotasi planet Venus berubah. Hal inilah yang menyebabkan mengapa planet Venus tidak memiliki satelit alami.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/29/151132869/mengapa-merkurius-dan-venus-tidak-memiliki-satelit-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke