Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Mencari Jumlah Gamet yang Dibentuk Jika Diketahui Tautan Gen

KOMPAS.com - Gen berbeda yang saling berdekatan pada satu kromosom yang sama dapat menjadi tautan yang tidak bisa dipisahkan, sehingga dua gen tersebut terus bersama bahkan dalam proses pewarisan sifat.

Tautan gen dinilai dapat menurunkan keragaman pada pewarisan sifat. Untuk dapat mengetahui alasan tautan gen menurunkan keragaman, mari kita bahas soal pembentukan gamet dari genotype yang bertautan dibawah ini!

Soal dan Pembahasan

Suatu individu memiliki genotype AaBbDdEE apabila gen A terpaut dengan gen B dan gen a tertaut dengan gen b, jumlah gamet yang dapat dibentuk adalah…

Jawaban:

Dalam soal disebutkan bahwa gen A tertaut dengan gen B dan gen a tertaut dengan gen b, hal ini berarti gen-gen tersebut tidak dapat dipisahkan.

Maka gen A dan B akan selalu membentuk pasangan gen AB juga gen a dan B yang selalu membentuk pasangan gen ab, Dd masing-masing akan terpisah menjadi D dan d, serta E bersifat homogen maka hanya akan membentuk alel E.


Maka gamet yang akan terbentuk pada genotype AaBbDdEE adalah:

AB – D – E = ABDE
AB – d – E = ABdE
ab – D – E = abDE
ab – d – E = abdE

Maka dari genotype AaBbDdEE dengan gen A yang terpaut gen B dan gen a yang terpaut gen b dapat dibentuk sebanyak 4 gamet yaitu ABDE, ABdE, abDE, dan abdE.

  • Bagaimana jika tidak ada gen yang berpautan pada genotype AaBbDdEE maka akan didapatkan pembentukan gamet sebagai berikut:

Gamet 1: A – B – D – E = ABDE
Gamet 2: A – B – d – E = ABdE
Gamet 3: A – b – D – E = AbDE
Gamet 4: A – b – d – E = AbdE
Gamet 5: a – B – D – E = aBDE
Gamet 6: a – B - d – E = aBdE
Gamet 7: a – b – D – E = abDE
Gamet 8: a – b – d – E = abdE

Jika tidak ada tautan antar gen A dan B juga gen a dan b, maka dapat terbentuk 8 gamet. Dilansir dari Learn Genetics, tidak adanya gen yang bertautan meningkatkan jumlah variasi kombinasi alel gen sehingga gamet yang dihasilkan meningkat.

Hal ini membuktikan bahwa tautan gen dapat menurunkan keragaman genetik karena gen yang tidak mau berpisah menyebabkan berkurangnya rekombinasi alel gen.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/30/173133469/soal-mencari-jumlah-gamet-yang-dibentuk-jika-diketahui-tautan-gen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke