Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis-Jenis Virus DNA: Untai Tunggal dan Ganda

KOMPAS.com - Virus adalah suatu organisme kecil yang sederhana namun merupakan agen penular berbagai macam penyakit. Seperti makhluk hidup lainnya, virus juga memiliki materi genetik didalam tubuhnya yang sederhana.

Materi genetik virus ada yang berupa RNA dan disebut sebagai virus RNA, namun ada juga yang materi genetiknya berupa DNA dan disebut sebagai virus DNA.

Lalu penyakit apasajakah yang dapat ditularkan oleh virus DNA? untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak uraian berikut ini!

Soal dan Pembahasan

Sebutkan jenis virus DNA!

Jawaban:

DNA virus adalah virus yang informasi genetiknya terdiri atas asam deoksiribosanukleat atau DNA. DNA virus terdiri dari virus DNA untai tunggal dan virus DNA untai tunggal ganda.

Virus Untai Tunggal

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, virus dengan DNA untai tunggal biasanya berukuran kecil dan informasi genetiknya terbatas. Contoh DNA virus untai tunggal adalah:

  • Geminiviridae

Geminiviridae adalah keluarga virus yang ditularkan dari serangga ke tumbuhan. Keluarga virus geminividae adalah virus mosaic emas kacang dan virus tomat keriting semu yang menyebabkan kerusakan pada tumbuhan.

  • Nanoviridae

Nanoviridae adalah keluarga virus yang menyebabkan virus kerdil khlorotik dan virus gores pada tumbuhan jagung.


Virus Untai Ganda

Dilansir dari Britannca encyclopedia, virus dengan DNA untai ganda biasanya berukuran besar dengan kode gen yang lebih banyak. Jenis virus yang memiliki untai ganda adalah:

  • Herpes simplex 1 (HSV1) dan Herpes simplex 2 (GSV2)

HSV1 dan HSV2 dapat menyebabkan herpes simplek dengan gejala flu, demam, dan juga luka pada kulit yang seperti borok.

  • Varicella Zoster

Varicella Zoster menyebabkan cacar air dan penyakit herpes zoster atau yang dikenal sebagai cacar api.

  • Virus Epstein-Barr

Virus Epstein-Barr menyebabkan penyakit menular mononucleosis yang ditandai dengan demam, infeksi tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

  • Adenovirus

Adenovirus menyababkan infeksi pernafasan pada anak-anak juga memicu penyakit bronchitis dan pneumonia.

  • Hepadnavirus

Hepadnavirus terdiri dari virus hepatitis B yang menyebabkan kerusakan hati pada manusia, dan bebek virus hepatitis B yang menyebabkan kerusakan hati pada hewan.

  • Poxvirus

Poxivirus adalah keluarga virus yang terdiri dari virus variola yang menyebabkan cacar, virus yang menimbulkan infeksi kulit berupa bintil-bintil kecil, dan virus monkeypox yang menyebabkan cacar monyet.

  • Human immunodeficiency virus (HIV)

Human immunodeficiency virus (HIV) adalah virus yang menurunkan kekebalan tubuh dengan cara menghancurkan imun tubuh atau membuat sel imun tubuh mengalami lisis.

HIV menyebabkan penderitanya sangat rentan mengalami berbagai macam penyakit karena tidak adanya kekebalan tubuh yang menjaga dari infeksi virus dan bakteri.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/27/154241569/jenis-jenis-virus-dna-untai-tunggal-dan-ganda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke