Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teks Tantangan: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan

Menurut Fatimah Djajasudarma dalam Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian (1993) teks dapat berwujud ujaran, paragraf, atau wacana.

Sementara, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tantangan berasal dari kata dasar yang artinya hal atau obyek yang perlu ditanggulangi. Tantangan juga dapat diartikan sebagai hal atau obyek yang menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa teks tantangan merupakan teks yang berisi informasi bantahan atau sanggahan dari pembicaraan khalayak yang menjadi kontroversi.

Ciri-ciri

Terdapat beberapa hal yang membedakan teks tantangan dengan teks lainnya. Perbedaan tersebut ditengarai oleh ciri-ciri berikut:

  • Struktur teks tantangan terdiri atas pengantar, argumen, dan simpulan atau saran.
  • Berisi bantahan mengenai pembicaraan yang hangat dibicarakan masyarakat
  • Memberi informasi, fakta, dan data yang memperkuat bantahan
  • Bahasa yang dipakai menekankan pada sanggahan dan penolakan

Struktur

Struktur berguna dalam membangun sebuah teks secara sistematis. Teks yang sistematis akan menjadi utuh dan bermakna. Hal tersebut berlaku juga untuk teks tantangan. Berikut penjelasan singkat mengenai struktur teks tangtangan.

  • Isu

Bagian pengantar yang menyatakan apa yang dipermasalahkan. Permasalahannya berupa isu yang sedang berkembang di masyarakat dan kontroversial. Pada bagian ini, penulis atau penyampai tantangan sudah menyatakan ketidaksetujuannya dengan kalimat bantahan.

  • Argumen

Bagian yang memuat rangkaian bukti atau alasan untuk memperkuat bantahan. Bukti tersebut dapat berupa peristiwa, fakta, atau data. Bukti dan alasan yang disajikan harus logis dan sejalan dengan isu yang dipermasalahkan.

  • Simpulan atau saran

Penutup yang berisi pernyataan penegas. Penulis atau penyampai teks tantangan membuat kesimpulan, kemudian menegaskan kembali bahwa ia tidak sepakat. Bisa juga ditambahkan dengan saran.

Kaidah Kebahasaan

Sekilas, kita mungkin terkecoh antara teks tantangan, teks eksposisi, dan teks diskusi. Teks eksposisi dan teks diskusi dapat berupa teks tantangan. Namun tidak semua teks ekposisi atau teks diskusi adalah teks tantangan.

Agar tidak semakin bingung, ingat-ingat saja bahwa teks tantangan hanya spesifik mengungkapkan ketidaksepakatan. Karena teks tantangan spesifik mengenai ketidaksepakatan, berikut kaidah kebahasaannya:

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/11/153857069/teks-tantangan-pengertian-ciri-struktur-kaidah-kebahasaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke