Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Personal Recount Text: Pengertian, Fungsi Sosial, Struktur, Kebahasaan

Pengertian

Mengutip Cambridge Dictionary, recount is to describe how something happened, or to tell a story. Recount artinya mendeskripsikan bagaimana sesuatu terjadi, atau menceritakan sebuah cerita.

Maka recount text bisa disebut sebagai teks yang isinya menceritakan sesuatu.

Teks recount pengalaman pribadi merupakan jenis teks recount atau cerita yang berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

Pengalaman pribadi yang dimaksud bisa berupa apa saja, misalnya pengalaman yang lucu, menyenangkan, menyedihkan, maupun menakutkan.

Teks ini diceritakan secara kronologis untuk membantu pembaca memahami urutan ceritanya. Karena kejadian atau peristiwanya sudah berlalu di masa lampau, maka tenses yang digunakan dalam teks ini adalah simple past tense.

Isi

Umumnya jenis teks ini menggunakan sudut pandang orang pertama karena penulis menuliskan langsung pengalaman pribadinya.

Isinya tentu cerita tentang peristiwa yang dialami oleh penulis, baik itu yang menyenangkan, lucu, menyedihkan, dan lain-lain.

Fungsi sosial

Teks recount pengalaman pribadi biasanya berupa pengalaman yang dianggap menarik atau berkesan. Penulis menceritakan kembali apa yang dialaminya kepada para pembaca.

Maka dari itu, fungsi dari teks tersebut adalah entertain the readers atau menghibur pembaca.

Struktur teks

Sebagaimana struktur teks recount pada umumnya, teks recount pengalaman pribadi juga mempunyai struktur sebagai berikut:

1. Orientation

Bagian ini menceritakan latar belakang ceritanya. Misalnya siapa (yang terlibat), di mana peristiwa atau kejadian berlangsung, dan kapan itu terjadi.

Informasi tentang siapa, di mana, dan kapan sangat penting untuk dicantumkan agar pembaca bisa memahami ceritanya.

2. Events

Bagian ini mencakup kejadian secara rinci, yaitu tentang how (bagaimana) dan why (mengapa) cerita tersebut terjadi. Events atau peristiwa diceritakan secara kronologis atau berurutan.

3. Reorientation

Bagian ini menjadi penutup cerita. Biasanya berupa komentar penulis tentang pengalaman yang dialaminya.

  • Nouns

Ada banyak nouns atau kata benda yang digunakan untuk menjelaskan apa dan siapa. Contohnya my sister, the building, a concert, dan lain-lain.

  • Action verbs

Karena tentunya banyak tindakan yang dilakukan dalam kejadian yang diceritakan, maka action verbs sering digunakan untuk jenis teks ini. Contohnya met, visited, wrote, dan lain-lain.

  • Adverbs

Adverb digunakan untuk menjelaskan verb atau kata kerja. Contohnya in the city, at my house, in the zoo, last week, a year ago, dan lain-lain.

  • Conjunction dan time connectives

Conjunction dan time connectives digunakan untuk menunjukkan bahwa peristiwa terjadi secara berurutan. Contohnya and, but, so, then, after that, before, dan lain-lain.

Contoh

Berikut contoh teks recount pengalaman pribadi dalam bahasa Inggris:
Taking the Bus
About three years ago, I had an experience that made me panic. It was my first time to take a bus by myself. Furthermore, I just moved to Solo because my dad had to work there.

My dad always took me to the school and picked me up at noon because it was quite far from home. Actually, I had not memorized the way from home to school until I tried to go by bus.

It was the first week of me studying in junior high school. My parents called me that they couldn’t pick me up because they were in another town. They told me to take a bus.

I didn’t have an idea which bus that I should take. Then I asked one of my teacher. He said, “Just take the bus number 2, then get off at the fourth stop. You can walk to your house from that place.”

I went to the bus stop near my school. Bus number 2 was coming and I prepared myself. I got a seat in the back. I made myself as comfortable as possible and looked at the street through the window. I was so tired that I couldn’t open my eyes, then I fell asleep.

There was a horn sound and it woke me up. The bus was about to stop and I immediately got off. The bus left. Then I realized that I didn’t know whether the stop was the fourth one or not. I didn’t recognize the street or the buildings around it.

I almost cried since I didn’t know what to do. I only had one thousand rupiah left. Suddenly, a grey car stopped in front of me. My uncle got out of that car and approached me. He just met his client in the café near the bus stop. He asked me why I was alone in that area and I told him the reasons. He laughed at me when I told him that I fell asleep in the bus. After that, my uncle took me home.


I was very grateful because my uncle passed by at that time. My mom then asked me to go to school by bus on the weekend then went home by bus again so that I could memorize it. Now I almost memorize all the corners of the city since it is my fourth year in Solo.

Terjemahan
Naik Bus
Sekitar tiga tahun lalu, aku punya pengalaman yang membuatku panik. Itu adalah pertama kalinya aku naik bus sendiri. Selain itu, aku baru saja pindah ke Solo karena ayah saya harus bekerja di sana.

Ayahku selalu mengantarku ke sekolah dan menjemputku di siang hari karena jaraknya cukup jauh dari rumah. Sebenarnya, aku belum hafal perjalanan dari rumah ke sekolah sampai aku mencoba naik bus.

Itu adalah minggu pertamaku belajar di SMP. Orang tuaku meneleponku bahwa mereka tidak bisa menjemputku karena mereka sedang di luar kota. Mereka menyuruhku naik bus.

Aku tidak tahu bus mana yang harus aku naiki. Lalu aku bertanya kepada salah satu guruku. Dia berkata, “Naik saja bus nomor 2, lalu turun di halte keempat. Kamu bisa berjalan ke rumah dari tempat itu.”

Aku pergi ke halte bus dekat sekolahku. Bus nomor 2 datang dan aku mempersiapkan diri. Aku mendapat kursi di belakang. Aku membuat diriku senyaman mungkin dan melihat ke jalan melalui jendela. Aku sangat lelah hingga tidak bisa membuka mata, lalu aku pun tertidur.

Ada suara klakson dan itu membangunkanku. Bus hendak berhenti dan aku langsung turun. Busnya pergi. Kemudian aku menyadari bahwa aku tidak tahu apakah perhentian itu adalah yang keempat atau tidak. Aku tidak mengenali jalan atau bangunan di sekitarnya.

Aku hampir menangis karena tidak tahu harus berbuat apa. Aku hanya punya sisa seribu rupiah. Tiba-tiba, sebuah mobil abu-abu berhenti di depanku. Pamanku turun dari mobil itu dan menghampiriku. Beliau baru saja bertemu kliennya di kafe dekat halte bus. Beliau bertanya mengapa aku sendirian di daerah itu dan aku memberitahunya alasannya. Beliau menertawakanku ketika aku mengatakan kepadanya bahwa aku tertidur di dalam bus. Setelah itu, pamanku mengantarku pulang.

Aku sangat bersyukur karena pamanku lewat saat itu. Ibuku lalu mengajakku ke sekolah naik bus di akhir pekan lalu pulang naik bus lagi supaya aku bisa menghafalnya. Sekarang aku hampir hafal seluruh pelosok kota karena ini tahun keempatku di Solo.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/02/161737769/personal-recount-text-pengertian-fungsi-sosial-struktur-kebahasaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke