Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lembaga-Lembaga yang Memanfaatkan Data Hidrologi

KOMPAS.com – Hasil data-data dari kajian hidrologi penting untuk dimanfaatkan guna menunjang kelangsungan hidup manusia.

Sebab perairan merupakan salah satu unsur penting bagi kehidupan manusia. Terdapat tiga lembaga di Indonesia yang memanfaatkan data hidrologi untuk menjalankan tugas dan fungsinya, yaitu:

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merupakan salah satu lembaga kementerian yang ada di Indonesia. Tugas utama KKP adalah menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang kelautan dan perikanan.

KKP memanfaatkan data hidrologi untuk menyelenggarakan fungsi-fungsinya. Dilansir dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, dijelaskan fungsi-fungsinya, yaitu:

DAS dan Hutan Lindung

Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Lindung merupakan lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Tugas utama Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung yaitu menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang peningkatan daya dukung daerah aliran sungai dan hutan lindung.

Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung memanfaatkaan data hidrologi untuk menunjang penyelenggaraan fungsi-fungsinya.

Dilansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dijelaskan fungsi Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung, yaitu:

Alasan kenapa DAS perlu dikelola karena DAS berperan penting dalam menjaga lingkungan dan menyediakan kebutuhan air bagi manusia.

Peran DAS antara lain menjaga kualitas air, mencegah banjir dan kekeringan saat musim hujan dan kemarau, mengurangi aliran massa tanah dari hulu ke hilir.

Selain DAS, hutan juga penting untuk dikelola karena hutan merupakan sumber resapan air terbesar. Dengan adanya Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung ini, secara tidak langsung membantu pengelolaan air demi kebutuhan masyarakat.

Pusat Penelitian Oseanografi

Pusat Penelitian Oseanografi merupakan lembaga yang bernaung di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tugas utama Pusat Penelitian Oseanografi adalah melakukan penelitian di bidang kelautan dan sumber daya perairan laut.

Sama seperti Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung, Pusat Penelitian Oseanografi juga memanfaatkan data hidrologi untuk melaksanakan tujuannya.

Dilansir dari laman resmi Pusat Penelitian Oseanografi, tujuan Pusat Penelitian Oseanografi adalah mencapai hasil penelitian yang optimal di bidang oseanografi guna memanfaatkan sumber daya perairan laut yang berkelanjutan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sumber daya laut. Dengan adanya Pusat Penelitian Oseanografi ini, dapat membantu masyarakat dalam hal pemenuhan informasi kelautan dan sumber daya perairan laut.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/02/151731469/lembaga-lembaga-yang-memanfaatkan-data-hidrologi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke