Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal UAS Kimia: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Laju Reaksi

KOMPAS.com - Dalam pelajaran kimia kelas 11, laju reaksi merupakan materi yang relatif sukar. Agar dapat menguasainya berikut tiga buah soal latihan UAS faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi:

Soal UAS faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi:

1. Jelaskan mengapa kenaikan suhu dapat mempercepat laju suatu reaksi!

Jawaban:

Meningkatnya energi kinetic menyebabkan meningkatnya frekuensi tabrakan antar molekul-molekul reaktan sehingga lebih cepat mencapai energi aktivasi maksimum untuk bereaksi.

Dengan kata lain, kenaikan suhu mempercepat reaksi untuk terjadi atau mempercepat laju reaksi. Dilansir dari Chemguide, sekitar kenaikan 10 derajat celcius pada reaktan gas, akan meningkatkan 1,7% laju reaksi tersebut.

2. Jelaskan bagaimana cara untuk mempercepat laju suatu reaksi!

Jawaban:

  • Menambah konsentrasi zat reaktan

Menambah konsentrasi reaktan sama dengan menambah molekul-molekul reaktan. Penambahan molekul menyebabkan semakin seringnya terjadi tumbuhan antar molekul sehingga energi reaksi akan lebih cepat terjadi.

  • Memperbesar luas permukaan

Luas permukaan yang bersentuhan sangatlah mempercepat laju reaksi. Gula halus akan lebih cepat larut dibandingkan dengan gula pasir karena luas permukaan yang bersentuhan dengan air lebih luas pada gula halus dibandingkan pada gula pasir.

  • Menaikkan suhu

Meningkatkan suhu berarti menambah energi kinetic molekul-molekul reaktan untuk lebih cepat dalam mencapai energi aktivasi minimum reaksi. Penambahan suhu menyebabkan reaksi terjadi lebih cepat, sehingga laju reaksinya bertambah.

  • Menggunakan katalis

Menambah sama dengan menurunkan energi aktivasi reaksi minimum, dimana reaktan akan bereaksi pada energi yang jauh lebih sedikit. Penambahan katalis adalah cara paling cepat dan terbaik untuk mempercepat laju reaksi.

Hal ini dikarenakan penggunaan katalis sama sekali tidak memberikan efek buruk pada reaksi, hanya memberikan efek mempercepat yang menguntungkan.

3. Suatu reaksi kimia membutuhkan waktu 40 detik untuk bereaksi pada suhu 20 derajat celcius. Diketahui bahwa setiap kenaikan 10 derajat, menyebabkan laju reaksinya lebih cepat dua kali lipa dari semula. Tentukan berapakah waktu yang diperlukan untuk bereaksi pada suhu 40 derajat celcius!

Jawaban:

Hitunglah selisih waktu reaksi normal dan saat suhu dinaikkan:

Δt = 40 – 20 = 20 derajat celcius

https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/220706469/soal-uas-kimia-faktor-faktor-yang-memengaruhi-laju-reaksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke