Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persamaan, Sudut Fase, dan Beda Fase Gelombang

KOMPAS.com - Persamaan gelombang dapat memberikan gambaran matematis dalam memahami konsep gelombang secara fisis. Adapun persamaan gelombang berjalan dan stasioner. 

Melansir britannica, Gelombang berjalan dapat kita lihat pada ilustrasi di bawah. Seutas tali yang memiliki panjang dari titik A ke titik B dibentangkan mendatar. Ujung A kita pegang, sedangkan ujung B diikatkan pada tiang.

Persamaan Gelombang

Apabila ujung A digetarkan naik dan turun secara terus-menerus, maka akan terjadi rambatan gelombang dari ujung A ke ujung B.

Misalkan ada sebuah titik P berjarak x dari ujung titik A. Persamaan gelombang simpangan titik P dapat dituliskan sebagai berikut.

Nilai negatif (-) digunakan jika gelombang berasal dari kiri titik P (gelombang merambat ke kanan). Nilai positif (+) digunakan jika gelombang berasal dari kanan titik P (gelombang merambat ke kiri).

Jika sumber gelombang telah bergetar sebanyak satu kali, gelombang tersebut telah memiliki jarak dalam merambat. Karena terdapat frekuensi getaran setiap sekon, maka persamaan kecepatan rambat gelombang adalah:

Sedangkan persamaan frekuensi gelombang adalah sebagai berikut:

Maka kecepatan rambat gelombang dapat ditulis dengan persamaan:

Sudut Fase Gelombang

Sudut fase gelombang adalah sudut yang telah ditempuh benda mencapai titik P. Persamaan sudut fase gelombang ditulis sebagai berikut.

Fase dan Beda Fase Gelombang

Jumlah putaran yang telah dilakukan atau sejauh mana titik menjalar dinyatakan dengan fase.
Persamaan fase gelombang adalah sebagai berikut.

Sedangkan beda fase adalah apabila pada tali terdapat dua buah titik, maka beda fasenya adalah jarak antara dua titik tersebut. Persamaan beda fase gelombang adalah sebagai berikut.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/07/181933469/persamaan-sudut-fase-dan-beda-fase-gelombang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke