Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kejayaan Eropa: Motivasi dan Nafsu

KOMPAS.com - Munculnya motivasi, nafsu dan kejayaan Eropa terjadi karena beberapa hal, salah satunya jatuhnya Konstantipoel ke tangan bangsa Turki Ottoman pada tahun 1453.

Hal ini menjadi pertanyaan, apa motivasi, nafsu, serta keinginan dari Eropa? Berikut pembahasannya:

Dalam buku Ahmad Fakhri Hutauruk dalam Sejarah Indonesia: Masuknya Islam hingga Kolonialisme (2015) karya Ahmad Fakhri Hutauruk, motivasi dari bangsa barat untuk datang ke Hindia Timur atau Indonesia adalah karena adanya keinginan untuk survive, memenuhi kepuasan dan kejayaannya di dunia.

Dunia baru bagi Eropa

Motivasi, nafsu, dan kejayaan Eropa ditujukan pada dunia baru yang akan mereka masuki. Yang menjadi pertanyaan adalah apa dunia baru itu?

Dunia baru yang ingin mereka inginkan adalah daerah baru yang berada di luar wilayah Eropa yang dikenal sebagai penghasil rempah-rempah dan dianggap sebagai bahan-bahan yang sangat digemari oleh bangsa Eropa.

Alasan mengapa rempah-rempah sangat digemari oleh bangsa Eropa adalah karena bahan-bahan ini menjadi komoditas yang paling penting bagi beberapa bangsa, terlebih Bangsa Eropa.


Penguasa Laut Tengah

Keinginan Eropa untuk memperluas kejayaannya tidak datang secara kebetulan. Salah satu penyebabnya karena perubahan secara struktural di kawasan Laut Tengah yang dikuasai oleh bangsa Turki Ottoman, sehingga bangsa-bangsa barat menepi atau mundur dari kawasan ini.

Kawasan Laut Tengah yang dimaksud adalah Konstantinopel yang dianggap pelabuhan transit antar Asia dan Eropa yang jatuh ke tangan Turki.

Sehingga bangsa Barat harus mencari daerah baru untuk berdagang dan mencari rempah-rempah. Inilah yang menjadi salah satu alasan munculnya motivasi, nafsu dan keinginan ditegakannya kejayaan Eropa.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/06/181850169/kejayaan-eropa-motivasi-dan-nafsu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke