Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Teks Bacaan Soal, Mencari Kalimat dan Gagasan Utama

Untuk siswa SMA, ditayangkan pembahasan soal TPS untuk persiapan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Untuk tugas ketiga, berikut pertanyaan yang diajukan:

Soal: Carilah teks bacaan soal. Tentukanlah kalimat utama dan gagasan utamanya.
Berdiskusilah dengan teman untuk menentukan kebenaran jawaban kamu atau dapat melihat dari pembahasan soal yang ada di buku soalmu.

Jawaban: Simak contoh teks yang diambil dari Tajuk Rencana Harian Kompas, Rabu (4/6/2020):

(1) Kematian warga kulit hitam George Floyd, dan demonstrasi besar yang mengecam peristiwa itu, menunjukkan ada persoalan besar yang belum diselesaikan. Pertama adalah rasialisme. Ada stereotipe terhadap kelompok warga kulit hitam yang dinilai masih bercokol. Stereotipe itu ialah warga kulit hitam dekat dengan kriminalitas. Oleh karena itu, sejumlah warga kulit hitam gelisah hidup mereka lebih terancam ketimbang warga kulit putih karena gampang dituduh bertindak kriminal sehingga mengalami kekerasan dari aparat. Kematian Floyd, warga kulit hitam yang dituduh membeli barang dengan uang palsu di Minneapolis, Negara Bagian Minnesota, seolah membenarkan bahwa stereotipe itu masih bercokol cukup kuat.

(2) Dia ditangkap polisi dan lehernya ditindih lutut seorang anggota Kepolisian Minneapolis, yang bernama Derek Chauvin, hingga Floyd tak bisa bernapas lalu meninggal. Chauvin yang berkulit putih sudah dipecat dari kepolisian dan ditahan di sebuah penjara. CNN menyebutkan, sebelum insiden kematian Floyd, ada 18 komplain terhadap Chauvin selama 18 tahun kariernya sebagai polisi.


(3) Istrinya telah mengajukan cerai karena terkejut dengan kekerasan yang dilakukan Chauvin. Tiga rekannya dinilai ikut bertanggung jawab dan juga sudah dipecat. Salah satu dari tiga orang ini, Tou Thaou, beretnis Hmong, sebuah suku di Asia Tenggara yang pada Perang Vietnam membantu tentara AS. Mereka menjadi pengusaha hingga polisi di Minneapolis. Sejumlah kantor dan toko warga AS beretnis Hmong ini ikut terbakar dalam kerusuhan beberapa hari silam.

(4) Selain masalah rasialisme, ada masalah kesenjangan antara warga kulit putih dan kulit hitam. Reuters melaporkan, median pertumbuhan pendapatan keluarga di AS mulai meningkat pada 2015, tetapi median pendapatan keluarga kulit hitam tetap sekitar 61 persen dari kulit putih.

(5) Di Minneapolis, angka media itu lebih rendah lagi, lebih kurang 44 persen. Kenaikan pasar saham dan harga rumah di AS pada 2009-2020, setelah krisis ekonomi yang dikenal dengan sebutan krisis subprime mortgage, berpengaruh kecil terhadap peningkatan kekayaan orang Afrika-Amerika. Mereka terdiri sekitar 13 persen dari populasi AS, tetapi hanya menyumbang 4,2 persen dari kekayaan bersih rumah tangga seluruh warga AS. Dengan kata lain, ada banyak keluarga kulit hitam kurang sejahtera dibandingkan keluarga kulit putih.

(6) Bisa jadi kesenjangan kesejahteraan muncul karena dipicu stereotipe. Kesempatan bekerja bagi warga kulit hitam terdampak oleh stereotipe tersebut. Rasialisme, stereotipe, dan kesenjangan pendapatan saling berkaitan. Penyelesaian ketiganya memerlukan pendekatan politik yang tidak elitis, tetapi sungguh fokus untuk memberikan solusi bagi rakyat kecil. Apa yang terjadi di AS mengingatkan pula bahwa kesenjangan pendapatan serta rasialisme dapat menimpa negara mana pun di dunia, selama belum ada keadilan, selama masih terjadi ketidakadilan.

Coba cari kalimat utama di masing-masing paragraf!

Paragraf (5) misalnya, kalimat utamanya ada di bagian akhir yakni "Dengan kata lain, ada banyak keluarga kulit hitam kurang sejahtera dibandingkan keluarga kulit putih."

Bagaimana dengan gagasan utama, bisakah kamu menemukan gagasan utama di setiap paragraf?

Paragraf (1) misalnya, gagasan utamanya adalah persoalan rasialisme yang muncul dari kematian George Floyd.

Kemudian, pahami makna tiap kata.

Contohnya, kata kesenjanagan di paragraf (4). Arti dari kesenjangan dalam teks itu adalah perbedaan kesejahteraan.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/06/05/092649569/contoh-teks-bacaan-soal-mencari-kalimat-dan-gagasan-utama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke