Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Kegiatan Ekonomi?

KOMPAS.com - Kegiatan ekonomi ada di semua tingkatan dalam masyarakat. Setiap kegiatan yang melibatkan uang atau pertukaran produk atau layanan adalah kegiatan ekonomi.

Sebenarnya apa pengertian kegiatan ekonomi?

Pengertian kegiatan ekonomi

Dalam dunia ekonomi, kegiatan manusia dapat dikategorikan menjadi dua yaitu kegiatan ekonomi dan kegiatan non-ekonomi.

Kegiatan ekonomi berbeda dari kegiatan non-ekonomi. Karena kegiatan ekonomi diukur menurut uang yang dihasilkan dalam transaksi sementara kegiatan non-ekonomi tidak melibatkan uang sama sekali.

Dilansir dari Market Business News, aktivitas ekonomi adalah kegiatan membuat, menyediakan, membeli dan menjual barang atau jasa.

Setiap tindakan yang melibatkan memproduksi, mendistribusikan atau mengonsumsi produk atau layanan adalah kegiatan ekonomi.

Menurut Business Dictionary, kegiatan ekonomi adalah tindakan yang melibatkan produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa di semua tingkatan dalam masyarakat.

Menurut Kamus Cambridge, kegiatan ekonomi adalah aktivitas untuk melakukan produksi, membeli atau menjual suatu produk atau layanan.

Aktivitas ekonomi adalah serangkaian tindakan yang menghasilkan, memperdagangkan, menjual atau mendistribusikan barang atau jasa dengan keterlibatan transaksi moneter.

Suatu kegiatan ekonomi mengelompokkan usaha-usaha serupa yang menyediakan produk atau layanan kepada lembaga atau konsumen akhir.

Tujuan kegiatan ekonomi

Tujuan utama kegiatan ekonomi salah satunya adalah menghasilkan barang dan jasa agar barang-barang itu tersedia bagi konsumen.

Semua kegiatan yang dilakukan dengan imbalan uang atau hal-hal yang mempunyai nilai adalah kegiatan ekonomi.

Sederhananya, kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan, uang atau kekayaan.

Keinginan tak terbatas dan kelangkaan

Dengan kegiatan ekonomi, manusia mendapatkan kepuasan terbesar dari keinginan tanpa batas dengan sarana yang terbatas dan langka.

Keinginan tak terbatas (unlimited wants) adalah istilah ekonomi yang mengacu pada selera manusia yang tak pernah puas akan berbagai hal. Manusia tidak pernah merasa cukup karena selalu ada hal lain yang diinginkan atau dibutuhkan.

Meskipun manusia memiliki keinginan tidak terbatas, sumber daya yang dimiliki untuk mendapatkan apa yang diinginkan terbatas. Dengan kata lain, hal-hal yang diinginkan manusia adalah langka.

Kelangkaan memiliki dua karakteristik yaitu:

Cara melakukan kegiatan ekonomi

Ada berbagai cara untuk melakukan kegiatan ekonomi. Seseorang dapat bertindak sebagai seorang profesional yang berarti ia menyediakan layanan dan dibayar sesuai pengetahuan spesialisasinya.

Atau, seseorang menjadi karyawan, yang menyediakan tenaga kerja dan menerima upah bagi pihak pemberi kerja. Dalam dunia bisnis, aktivitas ekonomi dilakukan oleh organisasi yang melakukan kegiatan mencari laba.

Jenis kegiatan ekonomi

Para ekonom menyebutkan terdapat empat jenis dasar kegiatan ekonomi yaitu:

Produk Domestik Bruto

Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (PDB) adalah jumlah dari setiap kegiatan ekonomi di suatu negara. PDB adalah ukuran terpenting dari keadaan ekonomi suatu negara.

Dengan angka PDB, dapat diketahui perekonomian suatu negara apakah tumbuh, menyusut atau tetap sama sejak satu tahun sebelumnya.

Sederhananya, PDB memberi tahu apakah kegiatan ekonomi suatu negara meningkat, menurun atau tetap datar.

Kegiatan ekonomi dasar

Departemen Ekonomi Universitas Toronto menjelaskan proses kegiatan ekonomi tidak hanya melibatkan produksi barang dan jasa tetapi juga distribusinya di antara berbagai anggota masyarakat.

Produksi, konsumsi dan distribusi adalah tiga kegiatan mendasar dalam bidang ekonomi. Berikut ini adalah penjelasan ringkasnya:

  • Produksi adalah cara membuat barang dan bagaimana jasa dilakukan.
  • Distribusi adalah cara memutuskan siapa yang mendapatkan barang dan jasa.
  • Konsumsi adalah cara manusia menggunakan atau menghabiskan barang dan jasa.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/12/160000769/apa-itu-kegiatan-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke