Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Harus Melakukan Lompat Tali untuk Dapat Manfaatnya?

Kompas.com - 16/01/2024, 11:33 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Lompat tali menjadi salah satu pilihan olahraga yang mudah dan terjangkau untuk dilakukan.

Selain itu, aktivitas tersebut juga punya banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan elastisitas dan kekuatan otot, meningkatkan daya tahan kardiovaskular dan juga melatih ketangkasan kaki.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Tidak Melakukan Peregangan Sebelum Olahraga?

Tapi untuk mendapatkan manfaatnya kira-kira perlu waktu berapa lama ya?

Waktu yang diperlukan untuk dapat manfaat lompat tali

Mengutip Livestrong, Senin (15/1/2024) Kate Ligler, personal trainer dan pelatih olahraga ketahanan yang berbasis di Colorado, mengatakan jumlah waktu yang diperlukan untuk lompat tali supaya bisa mendapatkan manfaatnya akan bervariasi pada setiap orang.

Hal itu dipengaruhi oleh beberapa, misalnya saja tingkat kebugaran, koordinasi dan berapa berapa lama telah melakukan lompat tali merupakan faktor utama untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan mendapatkan manfaat dari aktivitas ini.

Bahkan jenis tali yang digunakan pun juga berperan. Tali kawat atau plastik memerlukan lebih sedikit tenaga untuk bergerak di sekitar tubuh dibandingkan tali yang berbobot.

Sebuah studi kecil pada April 2015 dan dipublikasikan di Journal of Strength and Conditioning Research‌ menemukan bahwa ketika melakukan lompat tali selama 15 detik dan beristirahat selama 45 detik berulang kali selama 10 menit, detak jantung, laktat darah, dan penyerapan oksigen semuanya meningkat.

Hal ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa lompat tali intensitas tinggi selama 10 menit dapat membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda.

Dan yang jelas konsistensi penting untuk melihat manfaat lompat tali.

Baca juga: Olahraga Seperti Apa Yang Cocok untuk Anak-Anak?

"Seseorang yang lompat tali setiap hari selama 1 hingga 3 menit mungkin merasakkan manfaat kelincahan dan kekuatan tungkai bawah hanya dalam beberapa minggu," kata Ligler.

Sedangkan seseorang yang hanya lompat tali seminggu sekali tidak akan melihat hasilnya selama beberapa bulan.

Sementara itu, diperlukan lompat tali selama 75 menit per minggu untuk melihat manfaat aerobik dasar dan penurunan berat badan.

Selain itu, Anda mungkin juga bertanya-tanya berapa banyak kalori yang dibakar saat melakukan lompat tali. Jawabannya, itu berbeda untuk setiap orang.

Menurut American Heart Association (AHA) lompat tali membakar 500 kalori per jam untuk seseorang dengan berat 45 kg, 750 kalori per jam untuk seseorang dengan berat 68 kg, dan 1000 kalori per jam untuk seseorang dengan berat 90 kg.

Memulai lompat tali

Ingat sebelum memulai aktivitas ini lakukan pemanasan terlebih dahulu. Pastikan kaki, betis, dan bahu telah diaktifkan dengan beberapa latihan kardio ringan seperti jalan cepat dan peregangan.

Ligler menyarankan untuk memulai dengan interval 15 atau 30 detik dengan istirahat 1 menit di antaranya selama 5 hingga 10 menit.

Baca juga: Berapa Banyak Olahraga yang Diperlukan Setelah Duduk Seharian?

Setelah merasa nyaman dengan koordinasi gerakan dan intervalnya, Anda dapat meningkatkan intensitas lompat tali dengan lebih cepat atau lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Livestrong
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com