100 Juta Tahun Lalu, Jenis Bunga Lebih Beragam

Kompas.com - 13/12/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Peneliti dalam studinya telah menemukan bahwa bunga lebih beragam 100 juta tahun yang lalu dibandingkan sekarang.

Hal tersebut disimpulkan setelah tim peneliti internasional yang dipimpin oleh ahli botani di Universitas Wina, Austria menganalisis keanekaragaman morfologi fosil bunga dan membandingkannya dengan keanekaragaman spesies yang hidup saat ini.

Baca juga: Alasan Bunga Matahari Selalu Menghadap Sinar Matahari

Seperti dikutip dari Phys, Kamis (7/12/2023) peneliti menemukan tanaman berbunga telah menghasilkan sejumlah besar jenis bunga yang berbeda, tak lama setelah kemunculannya pada periode Kapur.

Dan berdasarkan analisis, keanekaragaman bunga paling awal itu lebih besar dibandingkan saat ini.

Keberagaman bunga

Dengan setidaknya 300.000 spesies, tumbuhan berbunga (angiospermae) sejauh ini merupakan kelompok tumbuhan terbesar yang hidup saat ini.

Mereka pertama kali muncul setidaknya 140 juta tahun yang lalu, ketika dinosaurus menjelajahi bumi.

Keberagaman bunga ini kemudian bisa dipelajari peneliti setelah dalam beberapa dekade terakhir, banyak fosil bunga dari periode waktu geologi berbeda telah ditemukan dan dideskripsikan.

Hal itu bisa memberi gambaran sekilas tentang keanekaragamannya di masa lalu.

Namun bagaimana keberagaman di masa lalu dibandingkan dengan saat ini dan apa yang terjadi pada morfologi bunga dari waktu ke waktu?

Untuk mengetahui jawabannya, peneliti memeriksa 30 karakteristik tumbuhan dalam 1.201 tumbuhan hidup dan 121 fosil angiospermae untuk mengukur keanekaragaman tumbuhan dan menyelidiki pola evolusi tumbuhan dari waktu ke waktu dan lintas garis keturunan.