Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2023, 13:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Memotong cakar harimau, menurut sebuah studi baru, dapat memengaruhi kemampuan otot kucing besar itu.

Aktivitas memotong cakar ini masih ditemui pada kucing besar seperti singa dan harimau, sering kali untuk tujuan keamanan atau hiburan, misalnya saat berfoto.

"Apa yang mungkin tidak disadari adalah memotong cakar harimau tidak lah sama seperti memotong kuku manusia," kata Adam Hartstone-Rose, profesor ilmu biologi di North Caroline State University.

Menurutnya memotong cakar kucing besar dapat menghilangkan sebagian atau seluruh tulang terakhir dari setiap jari.

"Seperti manusia, setiap jari kucing memiliki tiga tulang, dan memotongnya secara harafiah memotong tulang ketiga pada persendian," jelasnya.

Dalam studi ini, seperti dikutip dari Phys, Rabu (2/8/2023) peneliti melihat anatomi otot lebih dari selusin kucing eksotis, dari spesies yang lebih kecil termasuk kucing hutan, hingga singa dan harimau, untuk menentukan efek memotong cakar pada otot kaki depan mereka.

Peneliti kemudian mengukur kepadatan dan massa otot, juga memeriksa serat otot kucing.

Baca juga: Mengapa Ikan di Laut Dalam Terlihat seperti Alien?

Mereka menemukan, untuk spesies kucing yang lebih besar, seperti harimau, memotong cakar dapat membuat 73 persen otot menjadi lebih ringan pada lengan bawah. Otot-otot ini berfungsi untuk menarik cakar.

Peneliti juga menemukan, secara keseluruhan, kekuatan tungkai depan menurun 46 persen hingga 66 persen tergantung pada ukuran hewan. Otot-otot lain di tungkai depan tidak mengimbangi pengurangan tersebut.

"Saat memotong cakar kucing rumahan, ada perubahan dalam menggaruk, berjalan, atau menggunakan kotak pasir. Tapi pada kucing besar, ada lebih banyak hal lagi jika memotongnya, kemungkinan efeknya akan lebih ekstrim," papar Lara Martens, penulis utama studi.

Dampak lain memotong cakar harimau

Kucing yang lebih besar seperti harimau memiliki kaki yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, sehingga cakarnya digunakan untuk menahan lebih banyak tekanan.

"Kucing besar menggunakan kaki depan untuk menanggung sebagian besar berat badan. Selain itu mereka memakainya untuk bergulat karena berburu mangsa yang jauh lebih besar," kata Martens.

Jadi secara biomekanik, memotong cakaran memiliki efek yang lebih menghancurkan secara anatomis pada spesies yang lebih besar, seperti pada cakar harimau.

Baca juga: Mengapa Paus Orca Menenggelamkan Kapal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com