Kompas.com - 03/08/2023, 13:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Memotong cakar harimau, menurut sebuah studi baru, dapat memengaruhi kemampuan otot kucing besar itu.

Aktivitas memotong cakar ini masih ditemui pada kucing besar seperti singa dan harimau, sering kali untuk tujuan keamanan atau hiburan, misalnya saat berfoto.

"Apa yang mungkin tidak disadari adalah memotong cakar harimau tidak lah sama seperti memotong kuku manusia," kata Adam Hartstone-Rose, profesor ilmu biologi di North Caroline State University.

Menurutnya memotong cakar kucing besar dapat menghilangkan sebagian atau seluruh tulang terakhir dari setiap jari.

"Seperti manusia, setiap jari kucing memiliki tiga tulang, dan memotongnya secara harafiah memotong tulang ketiga pada persendian," jelasnya.

Dalam studi ini, seperti dikutip dari Phys, Rabu (2/8/2023) peneliti melihat anatomi otot lebih dari selusin kucing eksotis, dari spesies yang lebih kecil termasuk kucing hutan, hingga singa dan harimau, untuk menentukan efek memotong cakar pada otot kaki depan mereka.

Peneliti kemudian mengukur kepadatan dan massa otot, juga memeriksa serat otot kucing.