Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Jatuh Cinta?

Kompas.com - 14/07/2023, 19:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Waktu yang dibutuhkan seseorang untuk jatuh cinta tentu berbeda-beda. Ada yang bisa jatuh cinta pada pandangan pertama, ada juga yang butuh waktu berbulan-bulan hingga muncul perasaan cinta.

Lantas, menurut sains, berapa lama waktu yang dibutuhkan manusia untuk jatuh cinta? Apakah satu hari, satu minggu, atau satu bulan cukup untuk menumbuhkan cinta?

Waktu untuk jatuh cinta

Melansir BBC Science Focus Magazine, sayangnya, para ahli tidak dapat menentukan garis waktu yang tepat untuk seseorang bisa jatuh cinta.

Para ilmuwan lintas disiplin sepakat bahwa tidak ada jumlah hari, tahun, atau musim yang pasti untuk seseorang bisa jatuh cinta.

Baca juga: Ada 6 Jenis Cinta, Mana Paling Cocok Untukmu?

Saeideh Heshmati, seorang psikolog perkembangan positif, mengatakan bahwa perbedaan tersebut bergantung pada masing-masing individu, konteks yang berbeda, dan cara yang berbeda untuk bertemu pasangan.

Jadi, ada banyak perbedaan pada setiap orang yang berada dalam suatu hubungan, yang mungkin berdampak pada berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk jatuh cinta dengan pasangannya.

Menurut Sandra Langeslag, ahli saraf perilaku di University of Missouri, meskipun para ahli dapat mengukur tingkat cinta yang berbeda pada pasangan dari waktu ke waktu, sulit untuk menentukan kapan perasaan cinta pertama kali muncul.

Meski demikian, di dunia hewan, para ilmuwan telah menemukan romansa yang terbentuk dengan cepat di antara spesies tertentu.

Baca juga: Apakah Hewan Bisa Merasakan Cinta?

Tikus prairie dapat membentuk 'ikatan berpasangan' (mirip dengan hubungan cinta pada manusia) yang berlangsung seumur hidup hanya dalam waktu satu hari.

Menurut ahli neurobiologi perilaku, Steven Phelps, perasaan tersebut dimulai dengan perilaku yang unik, yakni tikus prairie kawin berulang kali selama enam jam.

Hal ini pun menjelaskan bahwa, seperti manusia, tikus padang rumput juga melakukan hubungan seks tidak hanya untuk bereproduksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com