Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Danau Paling Mematikan di Dunia, Ada yang Airnya Mendidih

Kompas.com - 03/07/2023, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Danau memberikan kehidupan bagi hewan, tumbuhan, dan manusia di sekitarnya. Namun, ada beberapa danau yang justru berbahaya bagi makhluk hidup.

Salah satu danau paling mematikan di dunia, Danau Nyos, Kamerun, bahkan pernah menewaskan ribuan hewan dan manusia.

Daftar danau paling mematikan di dunia

Dilansir dari AZ Animals, berikut adalah beberapa danau paling mematikan di dunia yang sangat berbahaya.

1. Danau Nyos

Danau Nyos adalah sebuah danau kawah di Barat Laut Kamerun. Nyos merupakan danau yang dalam di tepi kawah gunung berapi yang sudah punah di dataran vulkanik Oku, Kamerun. 

Baca juga: Bencana Danau Nyos Tewaskan Ribuan Hewan dan Manusia, Apa yang Terjadi?

Meskipun mungkin tampak seperti danau biasa, Danau Nyos dianggap yang paling mematikan di dunia.

Bencana Danau Nyos, yang terjadi pada tahun 1986, melepaskan awan karbon dioksida raksasa di tengah malam, menewaskan lebih dari 1.700 orang yang tinggal di sekitar danau dan 3.500 hewan. Setelah bencana, sebagian besar kota dan desa di daerah itu ditinggalkan.

2. Danau Natron

Terletak di Tanzania, Danau Natron dianggap sebagai salah satu danau paling mematikan di dunia. Ini adalah danau yang sangat indah, rumah bagi jutaan flamingo, namun sangat beracun bagi manusia. 

Jumlah penguapan yang tinggi di daerah tersebut telah menghasilkan alkalinitas hingga 12 pH. Cyanobacteria yang tinggal di danau ini pun telah mengubahnya menjadi merah. 

Baca juga: 5 Fakta Danau Baikal, Danau Terdalam dan Tertua di Dunia

Namun, air alkali Danau Natron juga mempertahankan ekologi yang sehat bagi flamingo dan burung lahan basah lainnya, ikan nila, serta alga yang menjadi makanan kawanan besar flamingo. 

3. Danau Kivu

Sama seperti Danau Nyos, Danau Kivu juga pernah mengalami ledakan. Danau Kivu merupakan danau berbahaya yang terletak di perbatasan antara Rwanda dan Republik Demokratik Kongo.

Danau Kivu adalah salah satu dari beberapa danau yang melapisi Lembah Celah Afrika Timur. Memiliki permukaan sebesar 2.700 kilometer persegi, Kivu merupakan salah satu danau terbesar di Afrika.

4. Danau Monoun

Danau Monoun, danau kawah di Provinsi Barat Kamerun, adalah danau berbahaya lainnya yang meletus pada 1980-an. 

Baca juga: Danau-danau Terbesar di Dunia Kehilangan Air, Apa Penyebabnya?

Pada tanggal 15 Agustus 1984, terjadi letusan limnic di Danau Monoun, yang mengakibatkan pelepasan sejumlah besar karbon dioksida dan kematian 37 orang.

Danau Monoun adalah salah satu dari tiga danau di dunia dengan sejumlah besar gas yang diserap dan ditekan jauh di bawah permukaan air danau, menciptakan kondisi ideal untuk letusan limnic.

Ketika karbon dioksida terlarut meletus dari perairan danau yang dalam, ini akan menciptakan awan gas yang dapat menewaskan satwa liar, ternak, dan manusia. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com