Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kota Yakutsk Menjadi Tempat Terdingin di Dunia?

Kompas.com - 23/05/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tempat terdingin di dunia ternyata bukan Antartika, meski dianggap sebagai benua es. Namun, Kota Yakutsk dan Oymyakon di Rusia, ternyata tercatat sebagai kota terdingin di dunia, dan memiliki suhu dingin yang sangat ekstrem.

Selama ini, orang meyakini bahwa tempat terdingin di dunia adalah Antartika, seperti yang diungkapkan seorang penjelajah Antartika bernama Ernest Shackleton, yang mengirim surat kepada temannya Kitty Pogson, seorang sosialita London.

Surat itu menggambarkan bagaimana Shackleton selama ekspedisinya pada bulan September 1902 menghadapai cuaca yang sangat dingin dan efek bencana apa yang terjadi pada kru akibat cuaca itu.

"Sayangnya kami kehilangan salah satu orang kami dalam badai salju yang sangat buruk karena dia jatuh dari tebing es, dan kami hampir kehilangan salah satu letnan dan tiga orang lagi," tulis Shackleton.

Menurutnya suhu terendah di sana bisa mencapai minus 52,2 derajat Celsius.

Namun ternyata Antartika bukan satu-satunya tempat terdingin di muka Bumi. Ada kota di Bumi ini yang tercatat sebagai yang kota terdingin di dunia.

Kota terdingin di Rusia

Dikutip dari Live Science, Senin (22/3/2023) penghargaan sebagai kota terdingin di dunia itu dipegang oleh kota Yakutsk di Rusia.

Baca juga: Mengapa Berlian Begitu Keras?

 

Kota Yakutsk terletak di Siberia, salah satu daerah terdingin dengan jumlah penduduk paling jarang di dunia. Tempat terdingin di dunia sedikitnya dihuni sekitar 336.200 orang.

Banyak di antaranya bekerja untuk Alrosa, sebuah perusahaan yang menjalankan tambang berlian di kota itu. Suhu di Kota Yakutsk bisa mencapai minus 60 derajat Celsius.

Namun beberapa penduduk bersikeras bahwa mereka telah mengalami hari-hari yang jauh lebih dingin.

Hanya saja, sulit untuk dapat memverifikasinya karena termometer hanya menunjukkan sejauh minus 63 derajat Celsius.

Meski Yakutsk adalah kota terdingin, sebelumnya Oymyakon, pemukiman Rusia yang  dihuni sekitar 500 orang pernah tercatat sebagai kota terdingin. Pada tahun 1924, tempat tersebut suhunya mencapai minus 71,2 derajat Celsius.

Suhu ekstrem kota terdingin di dunia

Kendati memiliki suhu dingin yang sangat ekstrem, namun mengapa masih ada orang yang tinggal di lingkungan tersebut dan apa yang membuat kota terdingin di dunia ini bisa memiliki suhu ekstrem tersebut?

Baca juga: Mengapa Alien Tidak Pernah Terdeteksi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com