Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2023, 18:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik anjing pasti pernah menyadari kalau hidung anjing itu dingin dan cenderung basah.

Seperti dikutip dari Live Science, Rabu (15/3/2023) hidung anjing dengan kondisi dingin dan basah merupakan hal yang normal. Sama halnya ketika hidung mereka terasa hangat, terutama setelah tidur.

"Saat anjing tidur, hidung biasanya menghangat dan juga mengering. Kemudian ketika bangun, mereka menjilat hidungnya dan kembali dingin serta basah," kata Anna Balint, seorang peneliti yang mempelajari perilaku hewan di Universitas Eotvos Lorand di Budapest, Hungaria,

Manfaat hidung anjing basah

Namun mengapa hidung anjing dingin dan basah, apakah ada manfaatnya bagi hewan peliharaan manusia ini?

Berikut penjelasannya manfaat hidung anjing basah, seperti dikutip dari A-Z Animals.

  • Kemampuan mengendus lebih baik

Memiliki hidung yang basah punya beberapa keuntungan bagi seekor anjing. Indera penciuman sangat penting bagi anjing karena mereka bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang lingkungan mereka dari bau dibandingkan tampilan atau suara.

Artinya, apa pun yang membuat indera penciuman hewan peliharaan ini lebih tajam akan memberikan kesempatan bertahan hidup lebih baik.

Baca juga: Mengapa Anjing dan Kucing Menggosokkan Pantatnya di Lantai?

Oleh karenanya, hidung yang basah menyebabkan partikel aroma akan menempel lebih maksimal dan karena itu lebih mungkin terdeteksi pula oleh anjing.

  • Hidung basah melindungi dari infeksi

Kelembaban di sekitar hidung anjing membuat sel-sel halus terlindungi. Hal tersebut juga membantu melembabkan udara sebelum memasuki sistem pernapasan anjing.

Itu akan menjaga agar saluran yang menuju ke paru-paru tetap sehat dan mampu melawan bakteri serta virus yang dapat menyebabkan infeksi dada. Artinya, hidung yang basah sangat bermanfaat untuk pertahanan melawan kuman.

  • Membantu anjing menjadi dingin

Anjing memiliki mekanisme pendinginan yang sangat berbeda dengan manusia. Mereka tidak berkeringat dengan cara yang sama dengan kita, sebaliknya mengandalkan terengah-engah.

Namun, hidung mereka adalah salah satu dari sedikit area tubuh yang menghasilkan keringat. Saat menguap, anjing menggunakan energi dari permukaan hidung dan mendinginkan darah yang bersirkulasi di area ini.

Perlu diingat dan mewaspadai pula ketika hidung anjing menjadi terlalu basah karena bisa saja anjing mengalami gangguan kesehatan.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hidung anjing terlalu basah antara lain infeksi pernapasan, alergi, dan masalah saraf serta kecemasan.

Baca juga: Mengapa Anjing Takut Suara Kembang Api?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com