Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi Saat Seseorang Disengat Lebah?

Kompas.com - 16/01/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Mayoclinic

KOMPAS.com - Beberapa serangga, seperti lebah dapat menyengat manusia dan itu merupakan gangguan umum di luar ruangan.

Akan tetapi, apa yang terjadi saat seseorang disengat lebah?

Lebah sebenarnya tidak agresif, mereka menyengat sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri. Misalnya saja ada yang menganggu sarang mereka.

Dikutip dari Mayo Clinic, Sabtu (14/1/2023) sengatan lebah dapat menimbulkan reaksi yang berbeda, mulai dari rasa sakit dan ketidaknyamanan sementara hingga reaksi alergi yang parah.

Memiliki satu jenis reaksi tidak berarti, seseorang akan selalu memiliki reaksi yang sama setiap kali tersengat. Bahkan reaksi berikutnya bisa jadi lebih parah.

Jika seseorang mengalami reaksi ringan, gejala yang ditunjukkan bisa meliputi nyeri terbakar yang tajam dan instan di tempat sengatan, bilur merah di area sengatan, atau sedikit bengkak di sekitar area yang tersengat.

Pada kebanyakan orang, pembengkakan dan nyeri hilang dalam beberapa jam.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Bumi jika Hutan Hujan Amazon Terbakar Habis?

Sementara jika orang mengalami reaksi sedang setelah disengat lebah, tanda yang diperlihatkan antara lain kemerahan ekstrem, pembengkakan di tempat sengatan yang secara bertahap membesar selama satu atua dua hari berikutnya

Reaksi setelah disengat lebah tersebut cenderung sembuh dalam lima hingga 10 hari. Saat mengalami reaksi ringan dan sedang, efek disengat lebah pada kebanyakan kasus bisa sembuh dengan perawatan di rumah untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Namun, seseorang perlu berhati-hati karena sengatan lebah juga dapat menimbulkan alergi bagi tubuh. Bila mengalami reaksi alergi berat (anafilaksis) karena disengat lebah sebab berpotensi mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan darurat.

Tanda dan gejala alergi akibat disengat lebah antara lain terdapat reaksi kulit termasuk gatal-gatal dan kulit memerah, sulit bernapas, pembengkakan tenggorakan dan lidah, denyut nadi yang lemah dan cepat, mual, muntah atau diare, pusing, hingga penurunan kesadaran.

Dalam kebanyakan kasus, orang biasanya hanya akan mendapatkan sengatan sekali. Tetapi pada kasus lain, bisa juga menyengat seseorang berkali-kali.

Jika disengat lebah lebih dari belasan kali, akumulasi racun dapat menyebabkan reaksi beracun dan membuat sangat kesakitan. Bila itu sampai terjadi segera cari perawatan medis. Buat janji temu dengan dokter pula jika gejala sengatan lebah tidak kunjung hilang.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Otak Saat Kita Muntah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com