Kompas.com - 19/08/2022, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Telah diketahui bahwa mata adalah organ penting bagi makhluk hidup, termasuk hewan dan manusia, untuk bisa melihat dan memandang lingkungan sekitar.

Mata mausia memiliki bagian mulai dari beranda depan mata, fovea, kornea, koroid, lensa, otot siliaris, plica semilunaris, pupil, hingga mencapai sklera. Bagian sklera inilah yang membuat bagian pada bola mata kita berwarna putih.

Pertanyaan mengenai kenapa ada bagian berwarna putih pada mata manusia, merupakan salah satu misteri tubuh manusia, yang dapat dijelaskan dengan sains.

Baca juga: Apa yang Menentukan Warna Mata Seseorang?

Faktanya, manusia adalah satu-satunya mamalia dengan bagian putih mata yang terlihat jelas, membuat iris jauh lebih menonjol.

Anda bisa dengan mudah mengetahui ke mana arah seseorang melihat, dan sering kali menebak-nebak apa yang dipikirkan oleh mereka dari tatapannya.

Berbeda dengan binatang, yang memiliki sklera tidak putih sama sekali, melainkan berpigmen. Sehingga membuat iris sulit dibedakan.

Seperti dilansir dari Medical Xpress, Jumat (21/10/2016) manusia tidak memiliki sklera berpigmen. Salah satu alasannya, mungkin karena pada manusia, mata tidak hanya untuk melihat tetapi juga untuk berkomunikasi.

"Primata memiliki sklera berpigmen, jadi hampir tidak ada kontras antara iris dan wajah di sekitarnya, dan meskipun anjing memiliki sklera putih, itu tidak terlihat hampir sepanjang waktu," ujar ahli biologi evolusi di Fakultas BioSciences University of Melbourne, Profesor Mark Elgar.

Anehnya, mata dengan sklera putih jarang ditemukan di antara kera besar lainnya. Ini mungkin, karena spesies mereka ingin menyembunyikan arah pandangan satu sama lain, agar tidak memberikan lokasi makanan.

Dilansir dari laman edukasi.kemdikbud.go.id, Senin (15/8/2022) sklera mata atau selaput keras adalah lapisan luar yang memiliki karakteristik berwarna putih, berserat, tembus cahaya, elastis dan mengandung kolagen.

Baca juga: Apa Penyakit yang Menyebabkan Mata Kuning?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.