Kompas.com - 25/05/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan belum ada laporan kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia.

Hal ini disampaikan secara resmi oleh Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH.

“Hingga saat ini belum ada kasus (cacar monyet) yang dilaporkan dari Indonesia,” ujar Syahril dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Syahril menyampaikan, meskipun kasus cacar monyet belum ditemukan, pihaknya tetap melakukan sejumlah kewaspadaan untuk mencegah terjadinya penularan di Indonesia.

Kewaspadaan dilakukan dengan memperbarui situasi dan frekuensi question (FAQ) terkait monkeypox. Ini dapat diakses masyarakat melalui laman https://infeksiemerging.kemkes.go.id/.

Selain itu, telah disiapkan surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan di setiap wilayah melalui dinas kesehatan, kantor kesehatan pelabuhan, dan rumah sakit.

Baca juga: Penularan Cacar Monyet, Inggris Sarankan Kelompok Berisiko Isolasi 21 Hari

Cacar monyet atau monkeypox

Cacar monyet disebabkan oleh virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat highlipatogenik atau zoonosis.

Virus ini pertama kali ditemukan pada monyet tahun 1958, sedangkan kasus pertama pada manusia (anak-anak) terjadi pada tahun 1970.

Penularan melalui kontak erat dengan hewan atau manusia yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi virus.

“Penularan dapat melalui darah, air liur, cairan tubuh, Lesi kulit atau cairan pada cacar, kemudian droplet pernapasan,” papar Syahril.

Baca juga: Mengenal Penyakit Cacar Monyet, dari Gejala hingga Masa Inkubasinya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.