Kompas.com - 17/05/2022, 20:02 WIB

KOMPAS.com - Kuasa hukum Medina Zein, Razman Arif Nasution mengatakan bahwa kliennya mengidap bipolar akut tahap akhir.

Penyakit inilah yang dikatakannya, membuat Medina Zein perlu dirawat di rumah sakit, dan menjalani isolasi mandiri untuk diobservasi lebih lanjut oleh dokter.

“Saat ini dalam isolasi tersebut, Medina dalam perawatan sangat serius dan Medina akan dilakukan observasi selama dua minggu yang disebut dengan visum fisioterapi, akan dicek saraf-sarafnya,” ucap Razman seperti diberitakan Kompas TV, Senin (16/5/2022).

Terkait dengan penyakit bipolar, Razman menyampaikan bahwa perempuan 29 tahun itu mengalami bipolar yang sudah cukup parah.

Oleh karena itu, dia membutuhkan penanganan intensif di rumah sakit. Kendati demikian, Razman menegaskan bahwa penyakit yang dialami kliennya bukanlah gila.

Bipolar Medina Zein, bipolar akut tahap akhir. Bukan gila ya, ingat, bukan gila,” imbuhnya.

Baca juga: Kisah Artis Marshanda Menaklukkan Bipolar dan Akhirnya Sukses

Perlu diketahui, kondisi kesehatan mental seperti yang dialami Medina Zein, bipolar adalah gangguan yang dapat membuat mood atau suasana hati seseorang menjadi sangat ekstrem sehingga disebut manik depresif.

Orang dengan gangguan bipolar memiliki suasana hati yang tidak menentu (mood swing).

Artinya, suasana hati pengidap bipolar dapat berayun dari yang paling rendah (depresi) ke yang paling tinggi (mania). Saat sedang depresi, gejala yang terberat adalah risiko melakukan perilaku bunuh diri.

Sedangkan saat manik, gejala terberatnya adalah perilaku berisiko yang bisa mengganggu pekerjaan, relasi sosial serta masyarakat.

Lantas, benarkah ada gangguan bipolar akut tahap akhir seperti yang disebutkan tengah dialami oleh Medina Zein?

Kompas.com menghubungi Psikiater sekaligus Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) Rumah Sakit Jiwa dr H Marzoeki Mahdi Bogor, dr Lahargo Kembaren, SpKJ, untuk menjawab hal tersebut.

Dia mengungkapkan bahwa tidak ada istilah penyakit gangguan bipolar akut tahap akhir, yakni sebagaimana kondisi yang dialami oleh Medina Zein. 

Baca juga: Gangguan Bipolar: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Gejala

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.