Kompas.com - 12/04/2022, 07:32 WIB
-

KOMPAS.com - Gigi berlubang sebenarnya harus diperiksa ke dokter gigi. Namun, orang enggan untuk mengunjungi dokter gigi karena sibuk atau takut. Untuk meredakan sakit gigi sementara sebelum pergi ke dokter gigi, Anda bisa meminum obat pereda nyeri yang bisa Anda beli di apotek.

Ada banyak pilihan obat sakit gigi berlubang paling ampuh di apotek. Banyak di antaranya bahkan bisa dibeli tanpa resep. Berikut daftar obat yang bisa Anda coba:

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep. Obat ini terkenal ampuh dan tersedia dalam berbagai sediaan, seperti tablet, kapsul, dan suspensi. Ibuprofen adalah obat tahan sakit yang termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non-steroidal.

Dosis ibuprofen untuk orang dewasa adalah 200 miligram 3 sampai 4 kali sehari setelah makan. Namun, hindari obat ini jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, atau sedang hamil.

2. Parasetamol

Parasetamol atau acetaminophen juga bisa menjadi pilihan obat sakit gigi berlubang. Obat ini relatif aman bagi semua kalangan, dan tidak terlalu tajam ke lambung. Dosis parasetamol bagi orang dewasa adalah 500 miligram setiap 6 jam sekali sehabis makan.

3. Asam menefamat

Asam mefenamat adalah obat sakit gigi berlubang yang ampuh. Anda bisa mengonsumsi obat ini dengan dosis dewasa 500 miligram 3 kali sehari setelah makan. Hindari mengonsumsi obat ini jika Anda memiliki gangguan ginjal dan hati atau memiliki riwayat sakit lambung dan saluran pencernaan.

Baca juga: Ini Daftar Penyebab Sakit Gigi, Tidak Selalu karena Gigi Berlubang

4. Natrium diklofenak

Natrium diklofenak menjadi pilihan yang bagus jika sakit gigi berlubang Anda menyebabkan rasa berdenyut. Natrium diklofenak memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan bisa meredakan sakit gigi berdenyut. Konsumsi obat ini dengan dosis dewasa 50 miligram 2 kali sehari setelah masak.

Obat-obatan ini hanya menghilangkan sakit sementara. Untuk mencegah sakit gigi berulang setelahnya, segera kunjungi dokter gigi untuk mengatasi penyebab sakit gigi yang Anda alami.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.