Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh di Apotek

Kompas.com - Diperbarui 06/10/2022, 14:34 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

-

KOMPAS.com - Gigi berlubang bisa menimbulkan nyeri yang luar biasa dan harus segera diperiksakan ke dokter gigi untuk ditangani. Namun, tidak sedikit orang yang merasa enggan untuk mengunjungi dokter gigi karena sibuk atau takut.

Untuk meredakan sakit gigi berlubang setidaknya sementara waktu sebelum pergi ke dokter gigi, ada beberapa obat pereda nyeri yang bisa Anda beli di apotek dan minum. Beberapa di antaranya bahkan bisa dibeli tanpa resep dokter.

Berikut adalah daftar obat pereda nyeri paling ampuh di apotek yang bisa Anda beli:

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep. Obat ini terkenal ampuh dan tersedia dalam berbagai sediaan, seperti tablet, kapsul, dan suspensi. Ibuprofen adalah obat tahan sakit yang termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non-steroidal.

Baca juga: Penyebab Karang Gigi dan Macam-Macam Karang Gigi

Dosis ibuprofen untuk orang dewasa adalah 200 miligram 3 sampai 4 kali sehari setelah makan. Namun, hindari obat ini jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, atau sedang hamil.

Ilustrasi sakit gigi berlubangfreepik Ilustrasi sakit gigi berlubang

2. Parasetamol

Parasetamol atau acetaminophen juga bisa menjadi pilihan obat sakit gigi berlubang. Obat ini relatif aman bagi semua kalangan, dan tidak terlalu tajam ke lambung. Dosis parasetamol bagi orang dewasa adalah 500 miligram setiap 6 jam sekali sehabis makan.

3. Asam menefamat

Asam mefenamat adalah obat sakit gigi berlubang yang ampuh. Anda bisa mengonsumsi obat ini dengan dosis dewasa 500 miligram 3 kali sehari setelah makan.

Namun, hindari mengonsumsi obat ini jika Anda memiliki gangguan ginjal dan hati atau memiliki riwayat sakit lambung dan saluran pencernaan.

Baca juga: Ini Daftar Penyebab Sakit Gigi, Tidak Selalu karena Gigi Berlubang

4. Natrium diklofenak

Natrium diklofenak menjadi pilihan yang bagus jika sakit gigi berlubang Anda menyebabkan rasa berdenyut. Natrium diklofenak memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan bisa meredakan sakit gigi berdenyut.

Konsumsi obat ini dengan dosis dewasa 50 miligram 2 kali sehari setelah masak.

Namun, perlu dicatat bahwa obat-obatan ini hanya menghilangkan sakit gigi untuk sementara. Jika Anda ingin mencegah sakit gigi berulang setelahnya, segera kunjungi dokter gigi untuk mengatasi penyebab sakit gigi yang Anda alami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com