Kompas.com - 13/04/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Setiap manusia memiliki rambut halus di ketiaknya, yang umumnya tumbuh ketika memasuki masa pubertas.

Akan tetapi, sebagian besar orang merasa tumbuhnya rambut atau bulu ketiak sangat mengganggu, sehingga tak jarang mereka kerap mencukur ataupun mencabutnya.

Hal ini dilakukan karena rambut ketiak dianggap tidak memiliki fungsi, dan bisa menganggu penampilan khususnya bagi perempuan. Padahal sebenarnya, rambut halus itu memiliki sejumlah manfaat yang berguna bagi tubuh.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Ketiak Keluarkan Bau Tak Sedap?

Rambut ketiak adalah salah satu misteri tubuh manusia yang belum banyak diketahui fungsinya. Sebenarnya, kenapa manusia punya rambut ketiak?

Dilansir dari Healthline, Jumat (28/2/2020) bulu ketiak biasanya akan tumbuh di usia 10 sampai 12 bagi perempuan. Sedangkan pada laki-laki dapat tumbuh di usia 11 sampai 14 tahun.

Rambut halus ini juga akan tumbuh di sepanjang usia seseorang, karena pengaruh hormon androgen di ovarium serta testis.

Hormon seks androgen menyebabkan kelenjar keringat apokrin yang berhubungan dengan folikel rambut di daerah kemaluan, dan ketiak aktif. Sehingga, rambut halus akan selalu tumbuh di area tersebut.

Fungsi bulu ketiak

Kendati sering membuat tidak nyaman, bulu ketiak memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Berikut sederet fungsi bulu ketiak manusia.

1. Mengurangi gesekan pada kulit

Fungsi bulu ketiak yang pertama adalah mengurangi gesekan antar kulit, ketika kita melakukan aktivitas tertentu misalnya berlari atau berjalan.

Hal serupa juga berlaku pada rambut kemaluan, karena mengurangi gesekan saat berhubungan seks maupun aktivitas sehari-hari.

Tidak mencukur bulu ketiak juga bisa mencegah beberapa masalah seperti iritasi akibat mencukur, bahkan jerawat yang tumbuh di area bawah lengan ini.

Baca juga: Kenapa Manusia Mempunyai Kuku di Jari Tangan dan Kaki? Sains Jelaskan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.