[POPULER SAINS] Penyebab Sering Kencing Setelah Sahur | Kenapa Kepala Pusing? | Kota dengan Waktu Puasa Terlama di Indonesia

Kompas.com - 12/04/2022, 07:03 WIB


KOMPAS.com - Setelah sahur, banyak orang yang mengeluhkan sering kencing, sehingga harus bolak-balik ke kamar kecil. Artikel ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Senin (11/4/2022).

Terkait hal itu, Dokter spesialis urologi Prof. Dr. dr Akmal Taher menjelaskan, kondisi tersebut berkaitan erat dengan perubahan kondisi tubuh yang berlangsung sementara. Urine yang dikeluarkan dari tubuh akan bergantung terhadap indeks cairan yang masuk dalam tubuh.

"Sebenarnya kan kalau sahur itu terjadi perubahan cara hidup sementara," ujar Akmal saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/4/2022).

Selain berita tersebut, informasi populer Sains lainnya yakni tentang alasan kenapa kepala pusing saat puasa. Sebagian orang mengeluhkan kepala pusing, bahkan sakit kepala saat berpuasa. Ahli pun turut menjelaskan apa penyebab kepala pusing saat puasa.

Di Indonesia, umumnya durasi waktu puasa adalah 13 jam 20 menit. Namun ternyata, setiap daerah memiliki durasi waktu puasa yang berbeda, meski selisihnya hanya beberapa menit saja.

Bahkan, ahli mengatakan bahwa terdapat kota dengan waktu puasa terlama di Indonesia.

Kisruh klaim Malaysia atas kesenian Reog Ponorogo menarik perhatian masyarakat Indonesia. Budaya asli Indonesia merupakan kesenian ikonik asal Ponorogo, Jawa Timur. Namun, ada yang menarik dari daerah asal kesenian ini, terutama sejarah dan asal-usul nama Ponorogo.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Senin (11/4/2022) hingga Selasa (12/4/2022) pagi.

Penyebab sering kencing setelah sahur

Setelah sahur, banyak orang melaporkan sering kencing atau buang air kecil. Ternyata kondisi ini tidak berbahaya, namun tentunya cukup mengganggu.

Dokter Akmal mengatakan dalam keadaan normal, orang yang makan malam dan minum terakhir sebelum tidur, dengan umumnya pukul 22.00 WIB, maka dia akan terbangun di pagi hari dengan kondisi kandung kencing penuh.

“Biasanya terakhir minum jam 9 atau 10 malam, kalau keadaan normal, saat bangun terisi penuh kandung kencingnya. Waktu bangun biasanya pagi subuh orang buang air kecil, tapi itu minumnya malam,” tutur dia.

Sementara saat sahur, orang akan bangun dini hari dan akan minum air cukup banyak hingga waktu imsak tiba.

"Otomatis tidur sebentar habis subuh, isi kandung kencingnya penuh lagi dengan cairan. Jadi ya otomatis akan kencing,” papar Akmal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.