Kompas.com - 18/03/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Fosil dinosaurus pemakan tumbuhan, Triceratops yang mati 67 juta tahun lalu menjadi temuan yang penting bagi ilmu pengetahuan, karena memiliki kerangka yang hampir lengkap.

Fosil yang kemudian diberi nama Horridus tersebut, memiliki kerangka lebih dari 85 persen utuh dan tengkorak dan tulang belakang yang hampir lengkap serta terpelihara dengan baik.

Hal tersebut membuat fosil dari dinosaurus ikonik ini menjadi salah satu fosil paling lengkap yang pernah ditemukan.

Mengutip Live Science, Kamis (17/3/2022) Horridus adalah herbivora yang hidup selama periode Kapur, sekitar 145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu.

Mereka mampu tumbuh hingga ukuran yang mengesankan. Dari fosil yang ditemukan, peneliti mengungkap ada lebih dari 260 tulang dan beratnya lebih dari 1000 kilogram. Sedangkan panjang tubuhnya sendiri mencapai 7 meter dengan tinggi lebih dari 2 meter.

Baca juga: Berapa Lama Telur Dinosaurus Dapat Menetas?

Fosil ini sendiri ditemukan di tanah priibadi di Montana, Amerika Serikat pada tahun 2014. Museum Victoria yang merupakan organisasi Australia yang mengoperasikan tiga museum di Melbourne kemudian memperoleh spesimen tersebut pada tahun 2020.

Pengiriman ke Melbourne pun terbilang tak mudah karena fosil harus terpisah dalam 8 peti, beberapa di antaranya seukuran mobil.

Sebelum dipamerkan untuk pertama kalinya dalam sebuah pameran 'Triceratops: Fate of the Dinosaurus' di Museum Melbourne, Australia, penyusun fosil harus mengukur, memberi label, dan memindai setiap tulang sebelum kerangka dirakit untuk ditampilkan.

"Fosil ini terdiri dari ratusan tulang termasuk tengkorak lengkap dan seluruh tulang belakang yang akan membantu kita membuka misteri tentang bagaimana spesies ini hidup 67 juta tahun yang lalu," kata Erich Fitzgerald, kurator senior paleontologi vertebrata di Museums Victoria di Australia.

Para ilmuwan tidak dapat mengatakan dengan pasti apakah Horridus itu jantan atau betina, tetapi ada banyak hal yang dapat dipelajari para peneliti dari kerangkanya yang hampir lengkap tentang evolusi, biologi, dan perilaku Triceratops.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.