Kompas.com - 18/03/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Fosil dinosaurus pemakan tumbuhan, Triceratops yang mati 67 juta tahun lalu menjadi temuan yang penting bagi ilmu pengetahuan, karena memiliki kerangka yang hampir lengkap.

Fosil yang kemudian diberi nama Horridus tersebut, memiliki kerangka lebih dari 85 persen utuh dan tengkorak dan tulang belakang yang hampir lengkap serta terpelihara dengan baik.

Hal tersebut membuat fosil dari dinosaurus ikonik ini menjadi salah satu fosil paling lengkap yang pernah ditemukan.

Mengutip Live Science, Kamis (17/3/2022) Horridus adalah herbivora yang hidup selama periode Kapur, sekitar 145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu.

Mereka mampu tumbuh hingga ukuran yang mengesankan. Dari fosil yang ditemukan, peneliti mengungkap ada lebih dari 260 tulang dan beratnya lebih dari 1000 kilogram. Sedangkan panjang tubuhnya sendiri mencapai 7 meter dengan tinggi lebih dari 2 meter.