Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Video Dinosaurus di Mojosemi Magetan, Ini 5 Fakta Triceratops Herbivora Berwajah Garang

Kompas.com - 16/12/2020, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Sebuah video beredar dan menjadi viral yang menunjukkan seekor dinosaurus turun dari truk untuk dibawa ke Mojosemi Forest Park di Magetan, Jawa Timur.

Video tersebut cukup menghebohkan warganet, sebab dalam video tersebut tampak sejumlah orang berusaha menjinakkan dinosaurus yang diketahui jenis Triceratops. Hewan prasejarah ini tampak ditarik tali saat akan turun dari truk.

Seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (15/12/2020), terkait video viral dinosaurus tersebut, pihak Mojosemi Forest Park yang dihubungi Kompas.com mengatakan video tersebut diambil pada Senin (14/12/2020).

Pengelola Mojosemi Forest Park, Nanang Sedayu mengatakan video tersebut merupakan promosi dari pihak pengelola untuk memperkenalkan wahana baru yang ada di tempat wisata tersebut, yakni Mojosemi Dinosaurus Park.

Baca juga: Rekonstruksi Digital Otak Dinosaurus, Ilmuwan Temukan Fakta Menarik Ini

 

"Di dalam (Mojosemi Dinosaurus Park) itu ada wahana baru, Dinosaurus Park, yang ada beberapa macam dinosaurus di dalamnya, termasuk yang kemarin kami turunkan," kata Sedayu.

Jenis dinosaurus yang ada dalam video viral tersebut adalah Triceratops, yakni herbivora prasejarah yang memiliki tanduk ikonik.

Lantas, seperti apakah Triceratops ini?

Dilansir dari National Geographic, Triceratops adalah dinosaurus pemakan tumbuhan yang memiliki ciri fisik tampak begitu ganas.

Baca juga: Dinosaurus Juga Alami Infeksi Tulang Akut, Peneliti Temukan Buktinya

 

Ciri fisik yang sangat ikonik dari hewan prasejarah ini adalah tanduk dan pelat kepala yang runcing, yang tak heran membuat Triceratops horridus tampak terlihat ganas dan menyeramkan.

Hewan ini diketahui hidup di kawasan yang kini Amerika Utara bagian barat pada akhir periode Cretaceous sekitar 69 juta tahun yang lalu.

Nama Triceratops merupakan bahasa latin untuk 'wajah bertanduk tiga', adalah salah satu dinosaurus non-unggas terakhir yang berevolusi sebelum peristiwa kepunahan dahsyat yang terjadi 66 juta tahun yang lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com