Kompas.com - 25/01/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Kuku adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang menempel pada jari-jari tangan dan kaki. Bagi hewan, kuku mungkin digunakan untuk menerkam mangsa, memanjat, atau melindungi diri dari predator.

Lantas, apa fungsi kuku pada manusia? Serta, kenapa manusia mempunyai kuku di jari tangan dan jari kaki?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, misteri tubuh manusia kali ini akan membahas penyebab manusia memiliki kuku.

Dilansir dari Healthline, Rabu (22/4/2020) profesor antropologi di University of Wisconsin-Madison John Hawks mengatakan bahwa kuku sebenarnya dimiliki oleh semua primata, termasuk manusia, monyet, dan kera untuk menopang ujung jari-jari.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Alasan Kuku Tangan Lebih Mudah Panjang

Menurutnya, perbedaan yang sangat mencolok adalah ujung kuku jari kita cenderung lebih lebar dibandingkan kebanyakan primata lainnya.

Adapun fungsi kuku pada jari tangan dan kaki di antaranya:

1. Menguatkan jari-jari

Struktur kuku yang keras membuat ujung jari menjadi salah satu bagian tangan yang paling kuat. Hal ini membantu manusia untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti mencengkeram benda agar tidak terluka.

Kuku juga memiliki banyak pembuluh darah kecil dan dapat menjaga aliran darahnya, bahkan ketika Anda mencengkeram sesuatu dengan sangat erat.

2. Merasakan sensasi

Meskipun kuku tidak dianggap sebagai bagian tubuh yang sesensitif , kuku memiliki jaringan saraf yang rumit di bawahnya untuk merasakan sensasi.

3. Melindungi jari tangan dan kaki

Fungsi kuku selanjutnya adalah melindungi dari paparan virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Apabila lapisan kuku terganggu, maka seseorang lebih berisiko terkena infeksi kuku.

4. Meningkatkan gerakan motorik

Kuku juga berfungsi untuk meningkatkan kemampuan gerak motorik. Misalnya, Anda bisa menggaruk dan memisahkan lembaran halaman buku yang sedang dibaca menggunakan kuku tangan.

Baca juga: Kenapa Kita Mudah Tertidur Ketika Naik Mobil? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.