Kompas.com - 18/12/2021, 10:01 WIB


KOMPAS.com - Kebun Binatang Buin di pinggiran ibu kota Cile, Santiago telah memulai uji coba vaksin Covid-19 pada hewan-hewan yang paling rentan terpapar virus corona.

Tidak hanya manusia saja yang bisa tertular Covid-19, bahkan hewan pun sama berisikonya terkena virus ini. 

Dilansir dari Reuters, Kamis (16/12/2021) seorang dokter hewan di kebun binatang tersebut, sudah menyuntikkan vaksin Covid-19 eksperimen untuk hewan yang disumbangkan oleh Zoetis Inc kepada 10 hewan yang ada di sana, termasuk harimau dan singa.

Sama seperti kebun binatang lainnya, Kebun Binatang Buin terus berupaya untuk menjaga hewan agar tetap aman dan terlindungi dari infeksi Covid-19.

"(Vaksinasi pada hewan) ini memberikan formula vaksin eksperimental yang disumbangkan oleh perusahaan Zoetis Inc untuk 10 hewan yang paling rentan (di kebun binatang)," ujar direktur Kebun Binatang Buin, Ignacio Idalsoaga.

Baca juga: Pertama Kalinya, 2 Kuda Nil Positif Covid-19 di Kebun Binatang Belgia

 

Dia mengungkapkan, pada Senin (13/12/2021) lalu hewan seperti singa, harimau, puma atau singa gunung, hingga orangutan di Kebun Binatang Cile telah menerima vaksin Covid-19.

"Kami menggunakan vaksin eksperimental yang akan memberikan hasil jangka pendek, agar nantinya akan memungkinkan kami untuk mengembangkan vaksin yang belum ada di pasaran saat ini," lanjutnya.

Idalsoaga menjelaskan, bahwa program vaksinasi terhadap hewan ini adalah dosis pertama yang diproduksi di seluruh dunia.

Jika nantinya dinilai efektif untuk menangkal virus corona pada hewan, bukan tidak mungkin produksi massal akan dilakukan guna mencegah kematian pada hewan di kebun binatang. Sebab, Covid-19 pada hewan rentan menginfeksi hewan di kebun binatang.

Di samping itu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, risiko hewan menyebarkan virus corona ke manusia cenderung rendah, tetapi virus dapat menyebar dari manusia ke hewan selama terjadinya kontak erat.

Oleh karenanya, vaksin Covid-19 untuk hewan dinilai perlu untuk melindungi hewan dan mencegah meluasnya penularan virus di kebun bintang ini.

Baca juga: Batuk dan Bersin, 4 Singa di Kebun Binatang Barcelona Positif Covid-19

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.