Histologi, Ilmu yang Mempelajari Tentang Sel Makhluk Hidup

18/09/2021, 10:34 WIB

KOMPAS.comHistologi merupakan cabang biologi yang mengkaji struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop. Histologi mengamati sediaan jaringan yang sudah diiris tipis. Histologi juga disebut dengan ilmu anatomi mikroskopis.

Terdapat lima hal yang dipelajari di histologi, yaitu sebagai berikut.

Jaringan epitel

Histologi mempelajari jaringan epitel. Jaringan epitel adalah sel-sel polihendral yang berkumpul dengan zat intersel. Jaringan epitel membentuk berbagai lapisan yang menutupi permukaan tubuh dan melapisi organ. Contohnya jaringan kulit, lapisan dalam usus, dan trakea.

Jaringan ikat

Jaringan ikat disebut juga dengan jaringan penyambung. Dalam histologi, jaringan ikat dipelajari karena terbentuk dari sel-sel yang menyatu. Jaringan ikat memiliki fungsi untuk mempertahankan bentuk tubuh.

Jaringan ini terdiri dari sel, zat dasar, dan serabut protein. Fungsi jaringan ikat adalah sebagai tempat penyimpanan, pertahanan diri, dan regenerasi sel.

Baca juga: Mengenal Karsinoma Sel Renal, Kanker Ganas yang Menyerang Ginjal

Jaringan adiposa

Jaringan ini merupakan jaringan yang banyak ditemukan di dalam jaringan ikat dalam bentuk berkelompok atau tersusun sendiri. Jaringan ini sebagian besar terdiri dari lemak kuning dan lemak coklat.

Jaringan adiposa berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi, menahan guncangan di dalam tubuh, dan sebagai isolator panas tubuh. Selain itu, jaringan adiposa yang terletak di bawah jaringan kulit berfungsi untuk memberi bentuk permukaan tubuh.

Jaringan otot

Jaringan otot berfungsi untuk gerakan tubuh. Bentuk jaringan ini tergantung jenis ototnya. Terdapat tiga jenis otot, yaiut otot lurik, otot jantung, dan otot polos.

Organ

Kumpulan dari jaringan yang mempunyai fungsi yang sama akan membentuk organ. Baik organ dan jaringan, merupakan termasuk hal-hal yang dipelajari di histologi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber UNY
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.