Kompas.com - 17/09/2021, 22:20 WIB
Ilustrasi nyamuk demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. Ilustrasi nyamuk demam berdarah, nyamuk aedes aegypti.

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut demam berdarah dengue sebagai salah satu dari 10 ancaman teratas kesehatan global.

Demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti ini, menginfeksi sekitar 390 juta orang setiap tahunnya dan membunuh sekitar 25.000 orang.

Penyakit ini juga selalu menjadi tantangan kesehatan masyarakat di daerah tropis.

Baca juga: 9 Gejala Demam Berdarah dan Cara Mencegah Penularannya

Menyebar nyamuk ber-Wolbachia

Melihat belum adanya pendekatan yang efektif untuk menekan angka kasus demam berdarah dengue, The World Mosquito Program (WMP) Yogyakarta yang dijalankan oleh Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D dan rekan-rekan, melakukan penelitian Aplikasi Wolbachia dalam Eliminasi Dengue (AWED).

Penelitian ini memakai pendekatan pengendalian arbovirus, dengan menggunakan nyamuk Aedes aegypti yang secara stabil ditrasinfeksi dengan bakteri Wolbachia.

Dengan begitu, kemampuan nyamuk akan berkurang secara signifikan untuk menularkan demam berdarah, Zika, dan chikungunya dalam percobaan laboratorium.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemodelan memprediksi ini akan diterjemahkan ke eliminasi lokal dengue, di sebagian besar pengaturan epidemiologi.

Penelitian ini merupakan uji coba terkontrol acak klaster dua lengan paralel, non-blinded yang dilakukan di satu tempat di Yogyakarta, Indonesia.

Tujuannya adalah untuk menentukan, apakah penyebaran nyamuk Ae.aegypti yang terinfeksi Wolbachia dalam skala besar mengarah pada pengurangan kejadian demam berdarah yang terukur di daerah yang dirawat versus yang tidak diobati.

Titik akhir primer adalah infeksi virus dengue yang bergejala dan dikonfirmasi secara virologis dengan tingkat keparahan apa pun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.