Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2021, 13:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Beragam jenis flora khas Indonesia tersebar di berbagai wilayah, dari Indonesia bagian Barat hingga Indonesia bagian Timur.

Menurut Van Steenis, seorang ahli biologi Belanda, di Indonesia terdapat sekitar 4.000 jenis pohon-pohonan, 1.500 jenis pakis, dan 5.000 jenis anggrek.
Secara umum, persebaran flora di Indonesia terdiri atas tiga kawasan dan terbagi menjadi empat wilayah.

Dilansir dari artikel “Keanekaragaman Hayati Flora di Indonesia” yang terbit di Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, persebaran flora dan fauna di Indonesia terbagi menjadi flora Dataran Sunda, flora daerah peralihan, dan flora Dataran Sahul.

Flora Dataran Sahul

Flora Dataran Sahul atau flora Indonesia bagian timur meliputi wilayah Papua dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Disebut juga dengan flora Australis, tumbuhan di Indonesia bagian timur terpengaruh oleh karakter tumbuhan di Benua Australia. Jenis tumbuhan yang mendominasi adalah pohon dari suku Araucariaceae dan Myrtaceae.

Baca juga: Flora Indonesia Bagian Tengah

Sebagian besar kondisi iklim di wilayah Papua didominasi oleh tipe iklim huja tropis sehingga jenis vegetasi yang mendominasi wilayah Indonesia bagian timur adalah hutan hujan tropis.

Tumbuhan di hutan hujan tropis memiliki ciri-ciri pohon-pohonnya tinggi, berdaun lebar, di bawah pohon terdapat tumbuhan yang membelit, tumbuhannya bersifat heterogen, dan hutannya lebat.

Dilansir dari buku Uniknya Flora Fauna Indonesia, wilayah pegunungan Jayawijaya ditumbuhi oleh jenis vegetasi pegunungan tinggi, sedangkan di daerah pantai banyak dijumpai vegetasi bakau.

Flora daerah peralihan (Wallace)

Flora daerah peralihan atau flora Indonesia bagian tengah meliputi wilayah Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Tumbuhan di wilayah-wilayah tersebut terpengaruh oleh flora di benua Asia dan Australia sehingga digolongkan sebagai flora daerah peralihan.

Baca juga: Flora Indonesia Bagian Barat

Misalnya, jenis tumbuhan pantai, dataran rendah, dan ultra mirip dengan flora Papua, sedangkan tumbuhan gunung pada ketinggian 1.000 m atau lebih mirip dengan jenis tumbuhan di Kalimantan.

Flora Dataran Sunda

Flora Dataran Sunda merupakan flora Indonesia bagian barat yang wilayahnya meliputi Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Bali.

Flora Indonesia bagian barat terpengaruh oleh flora Asia karena memiliki ciri-ciri yang hampir sama.

Adapun jenis tumbuhan yang mendominasi kelompok flora Indonesia bagian barat adalah jenis tumbuhan berhabitus pohon dari suku Dipterocarpaceae.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com