Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Endemi dan Bedanya dengan Pandemi? Pakar Sebut Covid-19 akan Jadi Endemi

Kompas.com - 21/08/2021, 19:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pandemi virus corona akan berubah statusnya menjadi endemi.

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (19/8/2021), Wiku mengatakan bahwa pandemi ini akan berubah menjadi endemi apabila situasinya sudah dapat terkendali.

Kendati demikian, bukan berarti dengan statusnya menjadi endemi, virus corona penyebab Covid-19 ini akan hilang sepenuhnya, melainkan kasusnya saja yang sudah bisa terkendali.

Lebih lanjut Wiku menjelaskan, beberapa indikator bahwa status pandemi Covid-19 bisa berubah menjadi endemi, antara lain sebagai berikut.

  1. Meningkatnya kekebalan tubuh masyarakat terhadap virus corona.
  2. Menurunnya angka infeksi alamiah, sehingga jumlah pasien yang dirawat dan angka kematian Covid-19 menurun.

Pengendalian dan penurunan kasus Covid-19, kata Wiku, dapat diturunkan dengan berbagai upaya. Seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan kampanye 3M, serta 3T, percepatan vaksinasi Covid-19.

Dikutip dari Public Health Columbia, Sabtu (21/8/2021), pandemi virus corona yang telah mewabah sejak awal tahun 2020 hingga saat ini adalah model yang sempurna untuk memahami apa itu pandemi dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan dalam skala global.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Akan Jadi Endemik, Apa Bedanya dengan Pandemik?

 

Lantas, apa itu endemi dan perbedaan endemi dan pandemi?

Sebelum melihat perbedaan endemi dan pandemi, berikut pengertian tentang keduanya.

Endemi adalah wabah penyakit yang secara konsisten ada, tetapi terbatas pada wilayah tertentu, sehingga hal ini yang membuat penyebaran penyakit dan tingkat penularan dapat diprediksi.

Misalnya, penyakit malaria, dianggap endemi atau endemik di negara dan wilayah tertentu.

Istilah endemi berkaitan dengan epidemi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), epidemi dalam istilah yang lebih luas, merujuk pada penyakit atau perilaku terkait kesehatan tertentu lainnya dengan tingkat yang jelas di atas kejadian yang diharapkan dalam suatu komunitas atau wilayah.

Berbeda dengan endemi yang secara konsisten penyakit akan selalu ada, pandemi adalah kondisi yang merujuk pada situasi pertumbuhan penyakit yang berkembang secara eksponensial, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini tampak dari cepatnya penyebaran Covid-19 yang berawal dari China hingga ke seluruh dunia.

Baca juga: WHO Peringatkan, Pandemi Covid-19 Kemungkinan Besar Bakal Jadi Endemik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com