Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bujuk Serangga Sebarkan Serbuk Sari, Bunga Ini Justru Keluarkan Aroma Busuk

Kompas.com - 25/05/2021, 11:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua bunga berbau wangi seperti mawar. Tanaman yang tak biasa di Yunani ini justru mengeluarkan aroma-aroma yang busuk. Bau tak enak tersebut digunakan untuk menarik dan menjebak lalat peti mati (Megaselia scalaris).

Bunga bernama Mikrostoma aristolochia itu diketahui menarik perhatian lalat peti mati dengan bau busuknya sebagai cara untuk menyebarkan serbuk sari mereka.

Sebelumnya, banyak peneliti yang berpendapat jika serbuk sari A.microstoma disebarkan oleh semut.

Baca juga: Rupa Bunga 100 Juta Tahun Lalu Terungkap, Ini Penampakannya

 

Namun penelitian baru ini menunjukkan, bahwa lalat adalah penyerbuk utama. Temuan ini pun menjadi kasus pertama tanaman dengan bau busuk yang menyebarkan serbuk sari mereka.

Lalu bagaimana cara penyerbukan itu terjadi?

Lalat peti mati seperti namanya akan mencari materi-materi yang membusuk sebagai tempat untuk bertelur. Itu artinya lalat akan mencari bangkai atau feses vertebrata.

Saat memasuki fase mekar, lalat akan tertarik mendekati A.microstoma kemudian terperangkap di bagian tanaman yang meyerupai rambut.

Lalat yang sudah membawa serbuk sari dari bunga lain, menyuburkan A.microstoma betina.

Sebelum lalat keluar, lalat juga membawa serbuk sari jantan sehingga dapat mereka sebarkan ke tempat lainnya lagi.

"Banyak spesies Aristolochia menarik perhatian lalat dengan aroma berbau busuk, misalnya meniru bau bangkai atau kotoran mamalia, tanaman yang membusuk, atau jamur," jelas Thomas Rupp, dari Paris-Lodron University of Salzburg di Austria seperti dikutip dari Science Alert, Senin (24/5/2021).

Selain soal penyerbukan itu sendiri, peneliti juga menemukan jika campuran bau yang dihasilkan oleh A.microstoma sedikit berbeda dari bau yang dikeluarkan oleh mamalia yang mati.

Ketika tim menganalisis lebih lanjut aroma bunga ini, mereka menemukan 16 senyawa yang bersama-sama berbau seperti daging yang membusuk. Salah satu senyawa tersebut, alkylpyrazine 2,5-dimethylpyrazine, mengeluarkan aroma kacang panggang yang apek.

Baca juga: Tanaman Zaman Dinosaurus Tumbuh Subur di Taman Jurassic Tasmania

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com